Kompas TV nasional sapa indonesia

Vaksin Corona Mundur, KSP: Inspeksi Vaksin Sedang Diproses di Tiongkok

Senin, 26 Oktober 2020 | 00:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Dokter Brian Sri Prahastuti mengungkapkan jika kesiapan vaksin corona sedang diproses di Tiongkok.

“Setahu saya mereka masih dalam proses inspeksi. Setahu saya mereka masih isolasi dulu di sana, jadi belum ada, kita masih menunggu,” kata Brian Sri Prahastuti kepada KompasTV, Minggu (25/10/2020).

Meskipun hasil inspeksi vaksin corona yang dilakukan di Tiongkok memenuhi syarat, namun uji kinis di Indonesia tidak menunjukkan demikian, Sri Prahastuti menjelaskan tidak akan memaksakan proses vaksinasi.

“Lolos diinspeksi, kemudian clinical trial-nya tidak,  kemudian tetap akan dipaksakan, tidak akan seperti itu. Karena efektifitas dan safety menjadi syarat mutlak,” jelasnya.

Sebelumnya Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkap vaksinasi virus korona akan tertunda.

Ini karena belum adanya otorisasi penggunaan obat dalam kondisi darurat atau emergency use authorization yang dikeluarkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Pemerintah harus secara terbuka memastikan bahwa vaksin korona yang akan diberikan kepada masyarakat telah melalui uji klinis dan aman untuk digunakan.

Meski berlomba dengan waktu, harapan publik keamanan vaksin tetap jadi prioritas demi memberi asa baru melawan pandemi Covid-19.

Lalu apa yang menjadi kendala dari BPOM untuk mengeluarkan otorisasi tersebut?

Prinsip kehati-hatian apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam menerbitkan otorisasi tadi?

Simak pembahasannya bersama Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Dokter Brian Sri Prahastuti, serta Ketua Satuan Tugas Kewaspadaan dan Kesiagaan Covid-19 dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Dokter Zubairi Jurban.

Penulis : Reny Mardika



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:51
PASIEN SEMBUH COVID-19 DI JATIM MENCAPAI 88,46 PERSEN, TERENDAH KASUS AKTIF DI ANTARA PROVINSI BESAR DI JAWA   KETUA DPR NILAI PENINGKATAN KESEJAHTERAAN GURU AKAN BERDAMPAK TERHADAP KUALITAS PENDIDIKAN INDONESIA   HARI GURU NASIONAL, KETUA DPR: KESEJAHTERAAN GURU, KHUSUSNYA GURU HONORER, HARUS JADI PERHATIAN PEMERINTAH   KOMPOLNAS: FAKTOR AGAMA TAK AKAN JADI SALAH SATU PERTIMBANGAN USULAN CALON KAPOLRI PENGGANTI JENDERAL IDHAM AZIS   MUI PUSAT AKAN GELAR MUNAS X DENGAN AGENDA UTAMA PERGANTIAN KETUA UMUM DAN PENGURUS DEWAN PIMPINAN MUI   KASUS COVID-19 MELONJAK, PRESIDEN PERANCIS EMMANUEL MACRON AKAN TERAPKAN JAM MALAM MULAI 15 DESEMBER 2020   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 1.984: 1.389 SEMBUH, 158 MENINGGAL DUNIA, DAN 437 DALAM PERAWATAN   JELANG PILKADA SERENTAK 2020, MENDAGRI TITO KARNAVIAN MINTA DUKCAPIL PROAKTIF LAYANI REKAM DATA KTP ELEKTRONIK   KEMENTAN TARGETKAN BANGUN HINGGA 4 PABRIK GULA DALAM 5 TAHUN KE DEPAN UNTUK REALISASIKAN SWASEMBADA GULA PADA 2023   JUBIR SATGAS COVID-19 WIKU ADISASMITO MEMINTA PEMDA MEMPERBAIKI MEKANISME OPERASIONAL LABORATORIUM TES COVID-19   KABUPATEN CIANJUR, JAWA BARAT, TERANCAM MASUK ZONA MERAH KARENA KASUS COVID-19 MELONJAK DRASTIS   SATGAS PENANGANAN COVID-19 AKAN TERUS PANTAU ZONA COVID-19 DI SEMUA DAERAH PENYELENGGARA PILKADA    MENDIKBUD NADIEM MAKARIM TEGASKAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA DIPERBOLEHKAN, TETAPI TIDAK DIWAJIBKAN   MENDIKBUD NADIEM MAKARIM: SEKOLAH BOLEH MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA DENGAN PENUHI SEJUMLAH SYARAT