Kompas TV nasional berkas kompas

Seberapa Efektif Vaksin Corona ? - BERKAS KOMPAS (Bag 3)

Kompas.tv - 25 Oktober 2020, 23:35 WIB
Penulis : Yudho Priambodo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo meminta Kementerian Kesehatan dan Kementerian BUMN untuk mengawal tentang vaksin gratis dan vaksin berbayar. Kementerian Kesehatan mengawal vaksin gratis, sementara Kementerian BUMN mengawal vaksin berbayar. Meski vaksin menjadi salah satu untuk melawan Corona, protokol kesehatan harus tetap dilakukan.

Rencana pemberian vaksin Corona menjadi babak baru penanganan Covid-19 di Indonesia. Di awal rencana, Bogor menjadi wilayah pemberian vaksin Covid-19 dengan prioritas vaksin diberikan kepada tenaga medis. Masalah sosialisasi menjadi pekerjaan rumah bagi Pemerintah Daerah terutama kepastian jenis vaksin dan kapan pemberian vaksin akan dilakukan.

Komitmen pengadaan vaksin Corona dilakukan pemerintah Indonesia dengan sejumlah perusahaan vaksin di luar negeri. Ini dilakukan saat uji klinis fase 3 belum sepenuhnya rampung. Selain berpegangan terhadap minim terjadinya efek samping jangka pendek, pemerintah memastikan vaksin yang akan didatangkan Indonesia akan aman digunakan. BPOM RI dan MUI menjadi penentu pemesanan vaksin Covid-19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.