Kompas TV nasional politik

Survei: Tingkat Keterpilihan Gatot Jadi Capres Menurun

Kompas.tv - 25 Oktober 2020, 21:52 WIB
survei-tingkat-keterpilihan-gatot-jadi-capres-menurun
Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo berpose sebelum menjadi narasumber di acara Satu Meja The Forum di studio satu Kompas TV, Menara Kompas, Jakarta, Senin (23/4/2018). (Sumber: KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZES)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV - Lembaga Indikator Politik Indonesia (IPI) merilis hasil survei tentang pilihan politik.

Survei yang dilakukan kepada 1.200 responden memberi pertanyaan siapa yang dipilih oleh responden jika Pilpres diadakan sekarang. 

IPI membuat simulasi tertutup terhadap 15 nama. Salah satunya yakni Mantan Panglima TNI Jenderal (purn) Gatot Nurmantyo.

Baca Juga: Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo: KAMI Semakin Ditekan, Semakin Bangkit

Hasil survei menyatakan 1,4 persen responden memilih Gatot menjadi presiden. 

Hasil yang didapat Gatot masih jauh di atas Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan di urutan tiga teratas. Bahkan keterpilihan Gatot masih kalah dari Khofifah Indar Parawansa. 

Presididium Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) ini duduk di posisi 8. Di bawah Gatot secara berurutan ada nama Mahfud MD, Airlangga Hartarto, Puan Maharani, Erick Thohir, Tito Karnavian, Muhaimin Iskandar, Budi Gunawan. 

"Sampel sebanyak 1.200 responden dipilih secara acak dari kumpulan sampel acak survei tatap muka langsung yang dilakukan IPI rentang Maret 2018 hingga Maret 2020. Jumlah sampel yang dipilih secara acak untuk ditelpon sebanyak 5.614 data, dan yang berhasil diwawancarai dalam durasi 
survei yaitu sebanyak 1.200 responden," ujar Direktur Eksekutif IPI Burhanuddin Muhtadi dalam rilis hasil survei, Minggu (25/10/2020).

Baca Juga: Survei IPI: 18,7 Persen Publik Pilih Ganjar Jadi Presiden

Dalam survei ini juga terekam bahwa tingkat keterpilihan Gatot perlahan menurun. Survei yang dilakukan IPI pada Februari 2020, Gatot mendapat 2,2 persen.

Di Mei 2020 turun menjadi 1,7 persen. Pada Juli 2020 turun lagi menjadi 1,4 persen dan bertahan di September 2020. 

Adapun survei IPI tekait pilihan politik dilakukan pada 24 hingga 30 September 2020 melalui metode wawancara telepon dengan margin of error kurang lebih 95 persen.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x