Kompas TV video cerita indonesia

360 Meter Kubik Sampah Menumpuk di Pintu Air Manggarai

Kompas.tv - 25 Oktober 2020, 20:03 WIB
Penulis : Theo Reza

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tak hanya menyebabkan banjir di beberapa titik wilayah di ibukota. Air kiriman dari kawasan hulu sungai Ciliwung juga membawa ratusan meter kubik sampah yang menumpuk di pintu air Manggarai, Menteng, Jakarta Pusat pada Minggu (25/10/2020) pagi.

Petugas dari UPK badan air dinas lingkungan hidup Provinsi DKI Jakarta berupaya membersihkan sampah yang menumpuk di pintu air Manggarai, Menteng, Jakarta Pusat pada minggu pagi.

Sebanyak tiga unit alat berat disiapkan agar mempermudah proses pengangkatan sampah dari aliran kali ke daratan.

Kepala satuan pelaksana UPK badan air Jakarta Pusat Farry Andiko mengungkapkan tumpukan sampah yang di dominasi material kayu dan sampah rumah tangga tersebut merupakan sampah kiriman dari kawasan hulu sungai ciliwung.

Tinggi nya intensitas hujan yang mengguyur juga sempat membuat pintu air Depok mencapai level siaga dua pada sabtu (24/10/2020) malam.

Luapan kali tak hanya membuat pintu air Manggarai mengalami peningkatan debit menjadi level siaga tiga namun juga membawa sebanyak 360 meter kubik sampah yang menumpuk di pintu air manggarai.

“sampai jam 7 tadi sudah 19 rit, volume sampah kurang lebih 360 meter kubik, biasa kalau hujan di hulu pasti ada sampah kiriman dari hulu, masih berlanjut simultan kita tetep bekerja secepatnya,”ujar Farry

Petugas menargetkan proses pengangkutan sampah akan selesai pada secepatnya dengan mengerahkan puluhan truk yang membawa sampah tersebut ke tempat pembuangan sampah terpadu Bantar Gebang.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x