Kompas TV video cerita indonesia

Pengerukan Tumpukan Sampah di Pintu Air Manggarai

Kompas.tv - 26 Oktober 2020, 05:10 WIB
Penulis : Aryo bimo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ratusan meter kubik sampah terlihat menumpuk di pintu air Manggarai, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (25/10/20).

Sampah tersebut terbawa derasnya air sungai dari kawasan hulu sungai Ciliwung, yang dalam beberapa hari terakhir sedang dilanda hujan dengan intensitas yang cukup tinggi.

Aliran air sungai Ciliwung juga membawa tumpukan sampah yang tertahan di pintu air Manggarai. Sebagian besar sampah merupakan tumpukan kayu, bambu, batang pohon, dan sisanya adalah barang rumah tangga. Di antara tumpukan sampah, bahkan terlihat bagian dalam lemari kulkas. 

Kepala Satuan Pelaksana Unit Pelayanan Kebersihan (Kasatlak UPK) Badan Air Jakarta Pusat Farry Andiko, mengatakan bahwa pihaknya sudah mengangkut sampah yang menumpuk di pintu air Manggarai sebanyak 19 rit.

Adapun sampah yang sudah diangkut adalah sebanyak 360 meter kubik.

Tingginya intensitas hujan yang mengguyur kawasan Depok bahkan sempat membuat pintu air Depok mencapai level siaga 2 pada Sabtu (24/10/20) malam.

Agar tak menghambat aliran sungai, puluhan petugas dari UPK Badan Air Provinsi DKI Jakarta dan 3 unit alat berat dikerahkan untuk membersihkan sampah yang menumpuk. 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x