Kompas TV regional berita daerah

Undangan untuk Perupa Seni Kriya Berkarya di Tengah Pandemi, Cek Caranya

Kompas.tv - 25 Oktober 2020, 09:41 WIB
undangan-untuk-perupa-seni-kriya-berkarya-di-tengah-pandemi-cek-caranya
Rosanto Bima, Ketua MKF 2020, pameran seni kriya yang akan diadakan di Yogyakarta pada November 2020 (Sumber: istimewa)
Penulis : Switzy Sabandar

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Perupa muda khususnya yang bergerak di seni kriya di seluruh penjuru nusantara mendapatkan kesempatan untuk memamerkan karyanya di tengah pandemi Covid-19. Perhelatan Matra Kriya Fest (MKF) 2020 digelar pada 7 sampai 16 November 2020 di Pendhapa Art Space Yogyakarta.

‘Acaranya memang daring atau online, tetapi saat pembukaan MKF 2020, seniman di undangan dan perupa seni kriya yang terpilih bisa datang,” ujar Rosanto Bima, Ketua MKF 2020, MInggu (25/10/2020).

Perupa muda yang ingin bergabung dengan perhelatan ini bisa ikut mengisi formulir aplikasi di tautan matrakriyafest.weebly.com/. Ajakan untuk bergabung dalam MKF 2020 ini diperpanjang sampai 30 Oktober 2020. Kompetisi ini gratis, bahkan berhadiah Rp 20 juta.

Baca Juga: Bukan Sekadar Pameran Seni Rupa di Yogyakarta, Ini Alasan Orang Wajib Datang ke Nandur Srawung #7

Bima menyebutkan kompetisi karya seni kriya ini ditujukan bagi para perupa muda dengan usia tidak lebih dari 35 tahun. MKF 2020 hadir untuk menjaring karya, bakat terbaik, dan melihat pencapaian-pencapaian para perupa muda dalam perkembangan seni rupa kontemporer Indonesia. Sebelumnya, MKF bernama Matra Award dan pernah digelar pada 2018.

MKF 2020 mengangkat tema Nusantara in Slice, yang berarti sebagai jalan tengah untuk menyadari keterbatasan menyelami seluruh bentuk seni rupa, serta wacana yang tersebar dan beragam di Indonesia.

Baca Juga: Bersiasat dalam Senyap ala Festival Kebudayaan Yogyakarta 2020

Menurut Bima, kondisi Covid-19 jangan sampau menjadi penghambat perupa seni kriya di Indonesia untuk berkarya. Positifnya, pandemi Covid-19 mendekatkan seniman muda ke dunia digital dan menguasai pemasaran digital sehingga bisa menjangkau masyarakat luas.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x