Kompas TV nasional sapa indonesia

Libur Panjang, Ganjar: Jateng Kembali Terapkan Gerakan Jogo Tonggo

Kompas.tv - 24 Oktober 2020, 21:23 WIB
Penulis : Reny Mardika

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah menyiapkan langkah mitigasi untuk mencegah klaster corona di libur panjang nanti. Selain itu, Jateng juga kembali menerapkan gerakan Jogo Tonggo (jaga tetangga).

"Di perbatasan disiapin nanti operasi, terus kita adakan semacam random test. Kita sudah belajar sebenarnya dari pada saat mudik lebaran kemarin, kita effort tapi kan tetap ada yang mudik," kata Ganjar kepada KompasTV, Rabu (24/10/2020).

Selain itu, adapun petugas-petugas yang disiapkan di hotel dan tempat wisata yang nanti nya akan dipenuhi wisatawan.

Ganjar juga mengatakan jika masyarakat memiliki kewajiban untuk terus menjaga kesehatan di tengah libur panjang pekan depan untuk menghindari potensi penularan Covid-19.

“Kita sudah belajar menghadapi pandemi ini sudah 8 bulan, menurut saya belajarnya cukup. Kalaupun ada yang tetap melakukan perjalanan, mereka punya kewajiban juga untuk mentaati protokol kesehatan,” kata Ganjar.

Munculnya klaster liburan juga lonjakan kasus corona nasional setelah libur panjang Juli dan Agustus lalu tentu menjadi catatan penting bagi semua pihak.

Pemerintah pun sudah berupaya mengantisipasi segala kemungkinannya.

Tapi apakah ini akan cukup efektif meredam keinginan masyarakat khususnya mereka yang ingin mengisi liburan panjang pada akhir bulan nanti?

Simak pembahasannya bersama Epidemiolog Universitas Airlangga  Windu Purnomo dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.