Kompas TV nasional berita kompas tv

Waspada Corona Melonjak Usai Libur Panjang Maulid Nabi Muhammad SAW

Kompas.tv - 24 Oktober 2020, 21:12 WIB
Penulis : Reny Mardika

JAKARTA, KOMPAS.TV - Libur panjang di depan mata. Akhir Oktober nanti akan ada libur panjang akhir pekan mulai Rabu, 28 Oktober - Minggu, 1 November.

Libur panjang kali ini sesuai ketetapan pemerintah tentang cuti bersama peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Peningkatan pergerakan masyarakat yang mengisi libur panjang akhir pekan dikhawatirkan akan sejalan dengan penambahan kasus positif corona dan juga klaster liburan.

Presiden Jokowi dalam rapat terbatas antisipasi penyebaran corona pada Senin lalu mengingatkan semua pihak agar bisa bersama-sama mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus corona di Indonesia.

Sejalan dengan arahan presiden, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga meminta semua pihak khususnya satgas Covid-19 di Jawa Barat untuk memperketat protokol kesehatan khususnya di titik-titik yang menjadi tempat wisata.

Banyaknya warga yang liburan dengan mudik ke kampung halaman menjadi salah satu faktor munculnya klaster liburan dan juga klaster keluarga.

Dampak peningkatan jumlah kasus corona tentu akan sangat dirasakan oleh daerah asal pemudik dan juga daerah yang menjadi tujuan pemudik.  

Mengantisipasi kejadian serupa, sejumlah kepala daerah meminta warganya agar liburan di rumah dan tidak mudik.

Penambahan kasus positif corona pasca libur panjang pernah terjadi pada libur lebaran dan juga libur panjang peringatan HUT RI pada Agusutus lalu.

Pada libur panjang lebaran Juli lalu terjadi peningkatan kasus corona secara nasional sebesar 69-93 persen.

Sementara pasca libur panjang Agutus lalu terjadi peningkatan kasus corona sebesar 118 persen.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.