Kompas TV regional berita daerah

Ini Siasat Warga Kampung Tangguh Dalam Melawan Covid-19

Kompas.tv - 24 Oktober 2020, 13:14 WIB
Penulis : KompasTV Jember

MALANG – PROBOLINGGO, KOMPAS.TV - Warga di sejumlah perkampungan yang ada di Jawa Timur memiliki siasat tersendiri untuk mengatasi dan melawan pandemi Covid-19. Mulai dari membangun ratusan tempat cuci tangan di setiap gang hingga mendirikan pasar gratis untuk membantu sesama.

Untuk siasat membangun tempat cuci tangan dilakukan oleh warga RW 1 Kelurahan Tunjungsekar, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang Jawa Timur.

Ketua RW 01, Ahmad Kasim mengatakan ada 110 tempat cuci tangan lengkap dengan air bersih dan sabun yang  diletakkan di setiap gang kampung agar warga selalu rajin cuci tangan dan terhindar dari virus corona. Tempat cuci tangan tersebut dibangun secara swadaya oleh warga.  

Warga juga selalu kompak untuk saling mengingatkan agar terus menerapkan protokol kesehatan, terutama memakai masker.

Hal yang sama dilakukan oleh warga Kampung Dinoyo Gang 10, RT 4, 5 dan 6, Kelurahan Dinoyo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang Jawa Timur.

Warga di kampung ini kompak mengumpulkan dana secara swadaya untuk digunakan penyemprotan desinfektan dan pengadaan masker. Warga juga melakukan gerakan penghijauan dengan menanam sayuran di halaman rumah, bantaran sungai dan pekarangan kosong. Hasilnya digunakan untuk kemandirian pangan.

Ketua Kampung Tangguh, Agung Kurniawan mengatakan kekompakan warga inilah yang membuat kampung ini bebas dari covid-19. Hingga kini belum ada warga di kampung ini yang terpapar virus corona.

Kekompakan melawan pandemi Covid-19 juga ditunjukkan oleh warga di Jalan Abdul Hamid Gang 3, Kelurahan Jrebeng Lor, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo Jawa Timur.

Warga di kampung ini mendirikan pasar gratis yang menyediakan sayur mayur dan lauk pauk. Pasar gratis menyediakan kebutuhan pangan bagi warga kurang mampu yang terdampak pandemi covid-19.

Salah satu donatur pasar gratis, Muhammad Rusdi mengatakan bahwa pasar gratis digelar 1 kali dalam sepekan dengan sistem sumbangan dalam bentuk uang, sayur mayur atau lauk pauk.

Kekompakan seperti inilah yang dibutuhkan untuk melawan virus corona agar tidak terus meluas penularannya dan gotong royong seperti inilah yang dibutuhkan saat dalam situasi ekonomi yang serba sulit.

#LawanCovid19 #SiasatMelawanCorona #InovasiWargaKampung #Covid19 #VirusCorona



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.