Kompas TV regional berita daerah

Ini Siasat Warga Kampung Tangguh Dalam Melawan Covid-19

Sabtu, 24 Oktober 2020 | 13:14 WIB

MALANGPROBOLINGGO, KOMPAS.TV - Warga di sejumlah perkampungan yang ada di Jawa Timur memiliki siasat tersendiri untuk mengatasi dan melawan pandemi Covid-19. Mulai dari membangun ratusan tempat cuci tangan di setiap gang hingga mendirikan pasar gratis untuk membantu sesama.

Untuk siasat membangun tempat cuci tangan dilakukan oleh warga RW 1 Kelurahan Tunjungsekar, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang Jawa Timur.

Ketua RW 01, Ahmad Kasim mengatakan ada 110 tempat cuci tangan lengkap dengan air bersih dan sabun yang  diletakkan di setiap gang kampung agar warga selalu rajin cuci tangan dan terhindar dari virus corona. Tempat cuci tangan tersebut dibangun secara swadaya oleh warga.  

Warga juga selalu kompak untuk saling mengingatkan agar terus menerapkan protokol kesehatan, terutama memakai masker.

Hal yang sama dilakukan oleh warga Kampung Dinoyo Gang 10, RT 4, 5 dan 6, Kelurahan Dinoyo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang Jawa Timur.

Warga di kampung ini kompak mengumpulkan dana secara swadaya untuk digunakan penyemprotan desinfektan dan pengadaan masker. Warga juga melakukan gerakan penghijauan dengan menanam sayuran di halaman rumah, bantaran sungai dan pekarangan kosong. Hasilnya digunakan untuk kemandirian pangan.

Ketua Kampung Tangguh, Agung Kurniawan mengatakan kekompakan warga inilah yang membuat kampung ini bebas dari covid-19. Hingga kini belum ada warga di kampung ini yang terpapar virus corona.

Kekompakan melawan pandemi Covid-19 juga ditunjukkan oleh warga di Jalan Abdul Hamid Gang 3, Kelurahan Jrebeng Lor, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo Jawa Timur.

Warga di kampung ini mendirikan pasar gratis yang menyediakan sayur mayur dan lauk pauk. Pasar gratis menyediakan kebutuhan pangan bagi warga kurang mampu yang terdampak pandemi covid-19.

Salah satu donatur pasar gratis, Muhammad Rusdi mengatakan bahwa pasar gratis digelar 1 kali dalam sepekan dengan sistem sumbangan dalam bentuk uang, sayur mayur atau lauk pauk.

Kekompakan seperti inilah yang dibutuhkan untuk melawan virus corona agar tidak terus meluas penularannya dan gotong royong seperti inilah yang dibutuhkan saat dalam situasi ekonomi yang serba sulit.

#LawanCovid19 #SiasatMelawanCorona #InovasiWargaKampung #Covid19 #VirusCorona

Editor : KompasTV Jember



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:10
KPU GUNUNG KIDUL DISTRIBUSIKAN LOGISTIK ALAT PELINDUNG DIRI (APD) KE TPS    PEMKOT SOLO TETAPKAN UPAH MINIMUM KOTA TAHUN 2021 SEBESAR RP 2.013.810 ATAU NAIK 2,94 PERSEN   KEMENPAN RB: SELEKSI PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA BISA DIIKUTI GURU HONORER BERUSIA 20-59 TAHUN   KEMENPAN RB MENCATAT 174.077 FORMASI GURU DIUSULKAN PEMDA JADI PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA   KEMENTERIAN PUPR ALOKASIKAN RP 52,5 MILIAR UNTUK PROGRAM BANTUAN STIMULAN PERUMAHAN SWADAYA DI KALTARA   KEMENDIKBUD SEBUT BANTUAN SUBSIDI UPAH BAGI PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN NON-PNS MULAI DISALURKAN   MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN EDHY PRANOWO SOROTI ASPIRASI NELAYAN INDONESIA DI AS   WALI KOTA SURABAYA TRI RISMAHARINI IMBAU WARGA SURABAYA GUNAKAN HAK PILIHNYA DI PILKADA 2020   BANTAH 50 ORANG POSITIF COVID-19 KARENA MAULID NABI DI TEBET, CAMAT TEBET: ITU HASIL TES RUTIN BIASA   MENDAGRI: PEMILIH HARUS LANGSUNG PULANG SETELAH MENCOBLOS, JANGAN BERKUMPUL DI TPS   MENKEU SRI MULYANI TEKANKAN PENTINGNYA KETERSEDIAAN VAKSIN COVID-19 BAGI DUNIA UNTUK DORONG PEMULIHAN EKONOMI   MENHUB AJAK GENERASI MUDA CIPTAKAN INOVASI DI MASA PANDEMI GUNA DORONG PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL   KEMENTERIAN KESEHATAN BERHARAP MASYARAKAT TERBUKA TERHADAP PELACAKAN KONTAK TERKAIT COVID-19   KETUA MPR MINTA PEMERINTAH HATI-HATI SOSIALISASIKAN MANFAAT VAKSIN COVID-19 KEPADA MASYARAKAT