Kompas TV travel jelajah dunia

Dubai Pecahkan Rekor Air Mancur Terbesar Dunia

Kompas.tv - 23 Oktober 2020, 21:18 WIB
dubai-pecahkan-rekor-air-mancur-terbesar-dunia
Air Mancur Palem di Mal Nakheel, Palm Jumeirah, Dubai, Uni Emirat Arab dinobatkan sebagai air mancur terbesar di dunia. (Sumber: Gulfnews.com)
Penulis : Vyara Lestari

DUBAI, KOMPAS.TV - Dubai kembali memecahkan rekor dunia. Kali ini dengan air mancur yang dinobatkan sebagai air mancur terbesar di dunia versi Rekor Dunia Guiness seperti dilansir dari Associated Press.   

Air Mancur Palem yang berlokasi di Mal Nakheel di pulau buatan Palm Jumeirah di Dubai, Uni Emirat Arab ini memiliki luas 7.327 meter persegi. Selain ukurannya yang luar biasa, air mancur ini juga dilengkapi dengan lebih dari 3.000 lampu LED warni-warni yang mampu menampilkan efek visual spektakuler dan 7.500 titik air yang 128 di antaranya mampu memancarkan air hingga ketinggian 105 meter!

Baca Juga: Setelah Dua Tahun Perluasan, Taman Safari Dubai Dibuka Kembali

Diluncurkan perdana dengan meriah pada Kamis (23/10) lalu, Air Mancur Palem ini juga mampu menari menuruti irama lagu. Tersedia 20 pertunjukan air mancur menari dengan iringan berbagai aliran musik, termasuk musik pop, klasik, juga musik Arab. Air mancur ini akan beroperasi sejak matahari tenggelam hingga tengah malam, dan pertunjukan air mancur menari akan berlangsung tiap setengah jam sekali.  

Baca Juga: Merah Putih 'Selimuti' Burj Khalifa Dubai Peringati HUT RI ke-75

Selain menjadi hiburan bagi turis, air mancur ini juga ramah lingkungan. Ia menggunakan air laut sehingga tidak memerlukan sistem penyaringan.

Dubai memegang sekitar 220 rekor dunia, di antaranya rekor gedung tertinggi dengan gedung Burj Khalifa di ketinggian 828 meter, kota dengan gedung berketinggian lebih dari 300 meter terbanyak, dan (fasilitas) lereng (untuk bermain) ski dalam ruangan terbesar.   

Baca Juga: Jokowi Ingin Ibu Kota Baru Kalahkan Dubai

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.