Kompas TV regional berita daerah

UKSW Salatiga Bangun Laboratorium Deteksi Covid-19

Kompas.tv - 23 Oktober 2020, 16:56 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SALATIGA, KOMPAS.TV - Sebuah universitas di Salatiga, Jawa Tengah memiliki laboratorium khusus untuk pemeriksaan atau deteksi Covid-19. Setelah diresmikan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Laboratorium Biomolekuler BSL-3 ini telah siap untuk dioperasikan.

Pendirian laboratorium yang dilakukan oleh UKSW Salatiga, Jawa Tengah ini berangkat dari munculnya pandemi Covid-19 secara global, termasuk ke daerah-daerah di Indonesia, termasuk Salatiga.

Untuk mewujudkan laboratorium ini, pihak kampus memerlukan waktu hingga 7 bulan. Tidaklah mudah untuk membangun laboratorium Covid-19, apalagi dalam kondisi perekonomian sulit serta kendala proses impor peralatan laboratorium yang tidak mudah untuk sampai di Salatiga. Pembangunan laboratorium Covid-19 merupakan bentuk nyata dukungan pihak kampus terhadap pemerintah untuk menangani pandemi Covid-19.

Setelah selesai laboratorium khusus Covid-19 ini diresmikan secara daring oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo 15 Oktober 2020. Setelah diresmikan, Laboratorium Biomolekuler BSL-3 ini akan mulai beroperasi 26 Oktober 2020. Laboratorium ini memiliki dua fungsi yakni untuk keperluan riset, serta untuk mendukung pemerintah dalam mengatasi pandemi. Laboratorium yang dilengkapi dengan lab ekstraksi ini memiliki grade BSL-3, dimana satu tingkat lebih tinggi dari persyaratan minimal untuk ekstraksi sampel Covid-19.

Untuk operasional, pihak laboratorium sudah  menyiapkan 6 tenaga teknis, 2 analis dan tenaga pendukung lain dengan total ada 15 tenaga laboratorium yang terlibat. Kapasitas untuk identifikasi Covid perhari antara 48 hingga 98 sampel.

 

#Covid19 #LaboratoriumBiomolekuler #Salatiga

 



 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.