Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

BKPM: Realisasi Investasi Kuartal III Naik 1,8 Persen

Kompas.tv - 23 Oktober 2020, 14:21 WIB
bkpm-realisasi-investasi-kuartal-iii-naik-1-8-persen
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia saat menyerahkan bantuan dari donasi untuk tanggulangi wabah virus corona (Sumber: Dok BKPM)
Penulis : Dyah Megasari

JAKARTA, KOMPASTV. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat, realisasi investasi kuartal tiga 2020, mencapai Rp 209 triliun. angka ini secara tahunan, naik super tipis yaitu 1,8 persen, dibandingkan dengan kuartal tiga tahun 2019.

Meski naiknya tipis, realisasi investasi di kuartal tiga ini mengindikasikan pemulihan. Sebab, realisasi pada kuartal dua sebelumnya anjlok 4,3 persen. Bahkan cecara kuartalan, pertumbuhan investasi Juli September itu mencapai 8,9 persen.

Dengan realisasi itu, artinya BKPM sudah mengumpulkan investasi sebanyak 74,8 persen dari target akhir tahun, senilai total Rp 817,2 triliun.

Baca Juga: Luhut: Indonesia Mampu Menarik Investasi Mobil Listrik

“Masa krisis investasi karena pandemi sudah terlewatkan, titik terendah adalah kuartal dua 2020,” kata Bahlil dalam Konferensi Pers Realisasi Investasi Kuartal III-2020, Jumat (23/10).

Realisasi penanaman modal dalam negeri (PMDN) sebesar Rp 102,9 triliun tumbuh 2,1 persen secara tahunan, sedangkan penanaman modal asing (PMA) senilai Rp 106,1 triliun. 

Selain aliran modal yang bertambah, realisasi investasi kuartal tiga juga mampu menyerap 295.387 tenaga kerja baru, lewat 45.726 proyek investasi. (Dyah Megasari)



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.