Kompas TV internasional kompas dunia

Covid-19 di Spanyol Tembus 1 Juta Kasus

Kompas.tv - 23 Oktober 2020, 02:06 WIB
covid-19-di-spanyol-tembus-1-juta-kasus
Warga Spanyol bertepuk tangan untuk mendukung petugas kesehatan yang telah bekerja keras selama wabah virus corona di gerbang sebuah rumah sakit, pada Hari Perawat Internasional, Selasa (12/5/2020) di Barcelona, Spanyol. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu

MADRID, KOMPAS.TV – Spanyol menjadi negara pertama di Eropa Barat yang mencatat lebih dari 1 juta infeksi Covid-19 yang dikonfirmasi minggu ini. Kini, mereka berjuang untuk menahan kebangkitan virus corona.

Negara berpenduduk 47 juta jiwa itu termasuk yang paling terpukul oleh pandemi COVID-19, dengan lebih dari 34.000 kematian terkait Covid-19.

Sebelumnya virus sempat terkendali karena mereka melakukan penguncian nasional (lockdown) pada musim semi lalu. Namun beberapa bulan setelah pembatasan itu dicabut dan warga mulai bergerak dan bersosialisasi, virus mulai menyebar lagi.

Baca Juga: Sama-sama Dilanda Covid-19, AS dan Eropa Gunakan Kebijakan yang Kontras

Saat ini Spanyol mencatat jumlah infeksi yang tertinggi di Uni Eropa

Pada September, rumah sakit di Madrid mulai terisi penuh. Kasus yang dikonfirmasi naik melampaui angka 1 juta pada hari Rabu (21/10/2020), ketika hampir 17.000 infeksi baru ditambahkan.

Para ahli mengatakan jumlah sebenarnya mungkin jauh lebih tinggi karena adanya kasus tanpa gejala dan masalah-masalah lain yang menghalangi pihak berwenang untuk mencatat angka sebenarnya dari wabah tersebut.

Baca Juga: Eropa Dilanda Rekor Covid-19, Aturan Baru Diberlakukan

Seperti di tempat lain di Eropa, kebangkitan kembali virus corona telah mendorong pihak berwenang untuk memberlakukan pembatasan perjalanan dan pertemuan sosial.

Jam malam dipertimbangkan untuk diberlakukan di beberapa daerah yang paling terpengaruh, termasuk ibu kota Madrid. Wilayah utara Navarra saat ini telah melarang perjalanan yang tidak penting dari dan ke wilayah tersebut.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x