Kompas TV regional berita daerah

2 Pentas Wayang Kulit Dibubarkan Karena Tidak Laksanakan Prorokol Kesehatan Covid-19

Jumat, 23 Oktober 2020 | 01:23 WIB

KEBUMEN, KOMPAS.TV-

Dalam semalam dua pentas wayang kulit di Kebumen, Jawa Tengah, dibubarkan paksa. Satu pentas wayang berada di Kecamatan Buayan, dibubarkan paksa karena diduga banyak pengunjung yang datang tanpa mengindahkan protokol kesehatan. Sementara satu pentas wayang kulit lainnya, melalui daring tanpa penonton, juga ikut dibatalkan. Para seniman pengisi acara prihatin dan melepas kekesalannya melalui video yang banyak beredar di masyarakat.

dua buah video viral beredar di masyarakat kebumen terkait pembubaran pentas wayang kulit di Kebumen, pekan lalu. Satu video berisi pembubaran paksa pentas wayang kulit oleh dalang Eko Suwaryo, di Desa Mergasana, Kecamatan Buayan. Dalam video itu seorang yang mengatasnamakan ketua paguyuban perangkat desa membubarkan pentas wayang kulit.

Di waktu yang bersamaan, pentas wanyang kulit di Kecamatan Puring juga dibubarkan. Sedianya pentas wayang itu dilakukan tanpa penonton, sesuai anjuran pemerintah. Tetapi dampak dari pembubaran paksa wayang kulit di Kecamatan Buayan, pentas wayang kulit tanpa penonton pun ikut dibubarkan. Hal ini membuat sejumlah seniman pengisi acara mengeluh.

Pentas wayang kulit daring dengan dalang Ki Bimo Setyo Aji ini sedianya dilakukan tanpa penonton. Tetapi sesaat sebelum dimulai, datanglah petugas dari Polsek Puring dan meminta acara dibatalakan karena takut mengundang penonton.

Keesokan harinya terlihat sejumlah pekerja membongkar tenda berukuran besar yang digunakan dalam acara pentas wayang di Desa Mergasana. 

Salah satu warga, yang tinggal di sekitar lokasi pentas mengatakan pembubaran pagelaran wayang daring itu mengejutkan karena acara baru dimulai. Warga mengakui saat itu memang ramai pengunjung. Penataan kursi untuk pengunjung juga rapat tidak berjarak sesuai protokol kesehatan.

Penulis : Herwanto



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:26
LIVERPOOL MENGIRIMKAN EMPAT PEMAINNYA UNTUK MASUK DALAM DAFTAR 11 PEMAIN TERBAIK FIFA 2020    MANCHESTER CITY MENANG 1-0 ATAS OLYMPIAKOS UNTUK PASTIKAN SATU TEMPAT DI BABAK 16 BESAR LIGA CHAMPIONS   LEGENDA SEPAK BOLA DUNIA DIEGO MARADONA MENINGGAL DUNIA DI USIA 60 TAHUN AKIBAT SERANGAN JANTUNG   INOVASI LAYANAN PUBLIK KEMENTAN RAIH PENGHARGAAN SEBAGAI TOP 45 INOVASI PELAYANAN PUBLIK 2020 DARI KEMENPAN-RB   KEMENTAN MENDAPAT PENGANUGERAHAN BADAN PUBLIK PALING INFORMATIF DARI KOMISI INFORMASI PUSAT   KPU GOWA, SULAWESI SELATAN, TEMUKAN 7.000 LEBIH KERTAS SURAT SUARA PILKADA 2020 MENGALAMI KERUSAKAN   KPU BANGLI, BALI, TEMUKAN RIBUAN SURAT SUARA PILKADA 2020 RUSAK KARENA SOBEK, CETAKAN PUDAR, DAN TERKENA NODA TINTA   PROVINSI JAWA TENGAH SIAPKAN 2.708 TENAGA VAKSINATOR KORONA   EDHY PRABOWO TERSANGKA, PRESIDEN JOKOWI TUNJUK LUHUT BINSAR PANDJAITAN JADI MENTERI KELAUTAN & PERIKANAN AD INTERIM   JADI TERSANGKA KPK, EDHY PRABOWO MENYATAKAN AKAN MENGUNDURKAN DIRI DARI MENTERI DAN WAKETUM GERINDRA   KPK SECARA TOTAL MENANGKAP 17 ORANG DALAM KASUS DUGAAN TINDAK PIDANA KORUPSI IZIN EKSPOR BENIH LOBSTER   SEUSAI DITETAPKAN JADI TERSANGKA, MENTERI EDHY PRABOWO MENGAKU SIAP BERTANGGUNG JAWAB   MENTERI EDY PRABOWO DIDUGA MENERIMA SUAP RP 3,4 MILIAR DAN 100.000 DOLLAR AS TERKAIT IZIN EKSPOR BENIH LOBSTER   SELAIN EDHY PRABOWO, KPK TETAPKAN 6 TERSANGKA LAINNYA ATAS KASUS PENERIMAAN SUAP IZIN EKSPOR BENIH LOBSTER