Kompas TV nasional berita kompas tv

Beredar Video Risma Diduga Kampanye Terselubung Dukung Ery Cahyadi, Warga Lapor ke Bawaslu

Jumat, 23 Oktober 2020 | 01:01 WIB

KOMPAS.TV - Sebuah video yang memperlihatkan Wali Kota Surbaya Tri Rismaharini mendukung pasangan calon Eri Cahyadi-Armuji dalam pemilihan Wali Kota Surabaya 2020, viral di media sosial.

Dalam video berdurasi 1 menit 37 detik ini, tampak Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meminta peserta acara yang merupakan kaum ibu pelaku UMKM untuk mendukung Pasangan Eri Cahyadi-Armuni.

Dalam video ini risma meminta peserta acara daring untuk memilih Eri jika ingin program-programnya terus berjalan.

Kegiatan ini, diduga dilakukan pada 18 Oktober 2020.

Viralnya video ini membuat warga melaporkan risma ke Bawaslu Kota Surabaya, karena dinilai melanggar peraturan pemilu.
Komisioner Bawaslu Surabaya, Yakub Balia Al Arif menegaskan pihaknya telah melakukan penelusuran terkait video Risma yang viral ini.

Yakub menambahkan, saat ini masih mengumpulkan informasi awal untuk mengkaji apakah ada pelanggaran yang dilakukan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.

Bawasalu juga telah melakukan penulusuran terkait izin cuti yang dilakukan Tri Rismaharini.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini menegaskan telah mengajukan cuti. Pernyataan ini terkait viralnya video kampanye daring dirinya yang mengajak warga memilih Cawali Nomor 1 Eri Cahyadi di media sosial.

Risma mengajukan surat cuti kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pada 13 Oktober 2020, yang telah dijawab gubernur tanggal 15 Oktober.

Tidak hanya di tanggal itu, tetapi Risma juga mengajukan cuti di setiap hari sabtu-minggu hingga hari tenang kampanye serta pada 10 November 2020 mendatang.

Penulis : Anjani Nur Permatasari



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:41
PRESIDEN TERPILIH AS JOE BIDEN MENDAPAT IZIN PEMERINTAHAN TRUMP UNTUK MEMULAI TRANSISI KEKUASAAN DI GEDUNG PUTIH   DINKES: SEBANYAK 33 ORANG MENINGGAL DUNIA DI PROVINSI RIAU AKIBAT DBD    MENDIKBUD NADIEM MAKARIM PASTIKAN TAK ADA BATASAN USIA BAGI GURU HONORER YANG IKUT SELEKSI PPPK   HADIRI MUNAS X SECARA VIRTUAL, PRESIDEN JOKOWI MEMINTA MUI IKUT MENGAWAL PROGRAM VAKSINASI COVID-19   KPK SELIDIKI KASUS PENERIMAAN SUAP IZIN EKSPOR BENIH LOBSTER YANG MENJERAT MENTERI EDHY PRABOWO SEJAK AGUSTUS 2020   ANDREAU MISATA & AMIRIL MUKMININ MERUPAKAN 2 DARI 7 TERSANGKA KASUS PENERIMAAN SUAP IZIN EKSPOR BENIH LOBSTER   KPK IMBAU STAF KHUSUS MENTERI KP ANDREAU MISATA & SEORANG PIHAK SWASTA AMIRIL MUKMININ SEGERA MENYERAHKAN DIRI    JADI TERSANGKA, MENTERI EDHY PRABOWO MEMINTA MAAF KEPADA PRESIDEN JOKO WIDODO & KETUM GERINDRA PRABOWO SUBIANTO   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 1.988: 1.392 SEMBUH, 158 MENINGGAL DUNIA, DAN 438 DALAM PERAWATAN   POSITIF TERINFEKSI KORONA, BUPATI SITUBONDO DADANG WIGIARTO DIRAWAT DI RUANG ISOLASI RSUD ABDOER RAHEM   MENTERI AGAMA FACHRUL RAZI MINTA IBADAH NATAL TAHUN INI DISESUAIKAN DENGAN PROTOKOL KESEHATAN PENCEGAHAN COVID-19   GUBERNUR BANTEN WAHIDIN HALIM AKAN BUKA KEMBALI SEKOLAH UNTUK PEMBELAJARAN TATAP MUKA PADA JANUARI 2021   MK TEGASKAN ANGGOTA LEGISLATIF WAJIB MUNDUR DARI JABATANNYA JIKA DITETAPKAN SEBAGAI CALON KEPALA DAERAH   KOMINFO TEMUKAN 38 INFORMASI HOAKS SOAL PILKADA SERENTAK 2020