Kompas TV nasional berita kompas tv

Beredar Video Risma Diduga Kampanye Terselubung Dukung Ery Cahyadi, Warga Lapor ke Bawaslu

Kompas.tv - 23 Oktober 2020, 01:01 WIB

KOMPAS.TV - Sebuah video yang memperlihatkan Wali Kota Surbaya Tri Rismaharini mendukung pasangan calon Eri Cahyadi-Armuji dalam pemilihan Wali Kota Surabaya 2020, viral di media sosial.

Dalam video berdurasi 1 menit 37 detik ini, tampak Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meminta peserta acara yang merupakan kaum ibu pelaku UMKM untuk mendukung Pasangan Eri Cahyadi-Armuni.

Dalam video ini risma meminta peserta acara daring untuk memilih Eri jika ingin program-programnya terus berjalan.

Kegiatan ini, diduga dilakukan pada 18 Oktober 2020.

Viralnya video ini membuat warga melaporkan risma ke Bawaslu Kota Surabaya, karena dinilai melanggar peraturan pemilu.
Komisioner Bawaslu Surabaya, Yakub Balia Al Arif menegaskan pihaknya telah melakukan penelusuran terkait video Risma yang viral ini.

Yakub menambahkan, saat ini masih mengumpulkan informasi awal untuk mengkaji apakah ada pelanggaran yang dilakukan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.

Bawasalu juga telah melakukan penulusuran terkait izin cuti yang dilakukan Tri Rismaharini.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini menegaskan telah mengajukan cuti. Pernyataan ini terkait viralnya video kampanye daring dirinya yang mengajak warga memilih Cawali Nomor 1 Eri Cahyadi di media sosial.

Risma mengajukan surat cuti kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pada 13 Oktober 2020, yang telah dijawab gubernur tanggal 15 Oktober.

Tidak hanya di tanggal itu, tetapi Risma juga mengajukan cuti di setiap hari sabtu-minggu hingga hari tenang kampanye serta pada 10 November 2020 mendatang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x