Kompas TV bisnis kompas bisnis

Dibangun Sejak Tahun 2015, Jokowi Resmikan Jembatan Kendari

Kompas.tv - 22 Oktober 2020, 23:00 WIB

KOMPAS.TV - Presiden Jokowi hari ini (21/10/2020) meresmikan Jembatan Teluk Kendari, Sulawesi Tenggara.

Jembatan tersebut rampung setelah pengerjaannya dimulai pada tahun 2015.

Jembatan sepanjang 1,34 km tersebut menghubungkan kawasan Pelabuhan Kota Lama dengan Pulau Bungkutoko dan Kecamatan Poasia.

"Jembatan ini dibangun selama lima tahun dari 2015 sampai 2020 dengan total biaya Rp 804 miliar," ujar Jokowi saat meresmikan jembatan tersebut, Kamis (22/10/2020).

Jokowi mengatakan, biaya yang besar tersebut akan memberikan manfaat yang besar. Salah satunya bisa memangkas waktu perjalanan secara signifikan.

Dengan adanya Jembatan Kendari ini, perjalanan ditempuh dalam waktu hanya kurang lebih 5 menit.

Sebelumnya, perjalanan harus menggunakan kapal feri dan memutari teluk dengan kisaran waktu antara 30 menit sampai 40 menit.

Selain waktu tempuh, biaya transportasi juga dapat dipangkas sehhingga konektivitas dapat lebih efisien baik untuk transportasi orang maupun logistik.

"Dengan demikian, daya saing akan semakin meningkat sehingga Sulawesi Tenggara khususnya Kota Kendari menjadi semakin menarik untuk pengembangan usaha-usaha baru," terang Jokowi.

Jembatan Teluk Kendari juga akan terhubung dengan jalan nasional dan jalan lingkar luar Kota Kendari sepanjang 40 km yang menghubungkan Kota Kendari dengan Kabupaten Konawe.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x