Kompas TV regional berita daerah

Wisata Karimunjawa Kembali Dibuka, Protkes Diterapkan

Kompas.tv - 22 Oktober 2020, 18:07 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

JEPARA, KOMPAS.TV - Setelah sempat ditutup selama 6 bulan lebih karena pandemi Covid-19, pada Jumat 16 Oktober 2020, objek wisata Kepulauan Karimunjawa di Kabupaten Jepara kembali dibuka untuk umum. Lebih dari dua ratus wisatawan mendapatkan kesempatan pertama mengunjungi objek wisata Karimunjawa.

Pembatasan jumlah wisatawan ke Karimunjawa sengaja dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Jepara karena hingga saat ini belum ditemukan kasus Covid-19 di Karimunjawa. Agar wisatawan tidak membawa virus Covid-19 ke Karimunjawa, protokol kesehatan ketat sudah diterapkan sejak dari pelabuhan penyeberangan seperti memakai masker, menjaga jarak dan sebelum memasuki loket pembelian wisatawan dicek suhu tubuhnya.

Semua wisatawan juga diwajibkan membawa surat hasil tes cepat atau rapid tes untuk bisa menyeberang menuju Karimunjawa. Pihak pelabuhan juga menyediakan petugas yang melayani tes cepat atau rapid tes bagi para wisatawan yang belum sempat melakukan tes cepat.

Salah seorang wisatawan mengatakan dengan dibukanya kembali perjalanan wisata menuju Karimunjawa ini merupakan kebahagaian tersendiri bagi dirinya, karena selama masa pandemi Covid-19 rencana wisata ke Karimunjawa menjadi tertunda.

Bupati Jepara menyatakan setelah melalui beberapa simulasi dan memberikan edukasi kepada masyarakat dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19, akhirnya pemerintah memutuskan untuk membuka kembali penyeberangan wisata menuju Karimunjawa. Untuk sementara penyeberangan ini akan dibuka dua kali dalam sepekan dan jumlah penumpang kapal juga dibatasi separo dari kapasitas maksimal penumpang kapal.

Untuk mengawasi penyebaran Covid-19 setelah dibukanya penyeberangan menuju Karimunjawa ini, pemerintah akan melakukan evaluasi setiap pekannya. Untuk itu para wisatawan dihimbau untuk selalu mentaati protokol kesehatan yang ada, karena jika ditemukan kasus baru bukan tidak mungkin penyeberangan bagi wisatawan akan dihentikan kembali.

#Covid19 #Karimunjawa #ProtokolKesehatan


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x