Kompas TV entertainment selebriti

3 Kali Kena Kasus, Andre Taulany Makin Hati-hati Lontarkan Lawakan

Kompas.tv - 22 Oktober 2020, 16:43 WIB
3-kali-kena-kasus-andre-taulany-makin-hati-hati-lontarkan-lawakan
Andre Taulany (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Ade Indra Kusuma

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pelawak Andre Taulany mengakui Sule ternyata lebih beruntung darinya karena tak pernah tersandung masalah karena lawakan.

Andre Taulany kini lebih hati-hati saat bertutur kata meskipun itu lawakan. Karena tidak semua orang bisa setuju dengan apa yang menurutnya lucu.

"Ada kehati-hatian dalam gue untuk melakukan ucapan-ucapan atau jokes-jokes lagi, cuma kan memang gue manusia, kadang mungkin di luar kontrol, kelepas, tapi gue berusaha untuk menjaga, lebih hati-hatilah," kata Andre Taulany mengutip Kompas.com.

Pertama adalah dari tayangan lama saat ada bintang tamu Virzha Idol di tahun 2013. Di program itu dia dianggap melontarkan kalimat yang tak pantas di program Ini Talkshow.

Kedua, ketika ia dianggap menghina ulama dengan memelesetkan nama ulama dengan nama merek sepatu.

Ketiga, Andre bersama Rina Nose dianggap telah mencemarkan nama baik marga Latuconsina. Beberapa kali mengalami masalah karena lawakan membuat Andre Taulany kini lebih berhati-hati.

Sebagai komedian, ia sudah terbiasa berpikir cepat untuk menjawab atau merespons lelucon lainnya. 

"Konteks gue tetap komedi, jadi kalau ternyata ada celetukan gue yang kepleset itu benar-benar bukan karena kesengajaan," jelas Andre Taulany.

"Cuma memang momennya yang tidak tepat," sambungnya.

Beda zaman Andre melihat lawakan zaman dulu sebenarnya bisa lebih kasar dibanding sekarang, tetapi saat itu semua orang tetap bisa tertawa, menertawakan hal tersebut bersama-sama.

"Zaman-zaman dulu mungkin eranya Warkop segala macam, ngomongin orang goblok, ndasmu, keluar dengan sangat vulgarnya no problem, malah ketawa orang," tutur Andre Taulany.

Berbeda dengan sekarang dimana orang bisa menyunting video menggabungkan, memotong dan membuat seolah-olah seperti yang diinginkan si pembuat video.

"Jadi gue enggak menyalahkan, mungkin sekarang udah sosmed begitu marah, sehingga orang dengan gampangnya meng-capture atau mengedit apalagi, bisa jago ngedit sesuatu yang tidak sesuai dibikin seolah-olah dilakukan, ya gitulah," ucap Andre Taulany lagi.

Andre Taulany sadar diri tidak bisa memuaskan banyak pihak, karenanya ia memilih meminta maaf, dan bersyukur dimaafkan.

"Saya sudah tidak melihat lagi, mencari pembenaran lagi, memang saya akui ada kesalahan dalam pengucapan saya dan itu tidak saya lakukan dengan sengaja, betul-betul konteksnya spontan, tidak ada unsur kesengajaan untuk melakukan hal itu dan gue akhirnyapun minta maaf," jelas Andre Taulany.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x