Kompas TV nasional berita kompas tv

Ada Keraguan Terhadap Vaksin Corona?

Kompas.tv - 22 Oktober 2020, 16:03 WIB
Penulis : Christandi Dimas

KOMPAS.TV - Penerimaan publik terhadap vaksin corona di Indonesia masih rendah, padahal pemerintah telah memastikan ketersediaan 9.1 juta dosis vaksin corona hingga akhir tahun 2020 meskipun uji klinis fase ketiga belum tuntas.

Bagaimana meyakinkan publik bahwa keamanan vaksin corona terjamin? Dan bagaimana sebaiknya pemerintah membangun komunikasi publik atas pengadaan vaksin?

Dalam upaya mengatasi pandemi corona, pemerintah menargetkan akan memberikan vaksin sedikitnya kepada 160 juta orang untuk memenuhi perhitungan pembentukan herd immunity atau kekebalan kelompok.

Dalam jangka pendek, pemerintah memproyeksi segera menerima 9.1 juta dosis vaksin corona buatan produsen China, antara November hingga Desember 2020.

Nantinya, ketersediaan vaksin corona tahap awal ini akan diberikan sesuai prioritas kelompok penerima yang telah disusun Kementerian Kesehatan dengan catatan sudah ada kepastian keamanan vaksin dari BPOM dan kepastian kehalalan vaksin dari MUI.

Namun demikian, berdasarkan hasil survei yang dilakukan laporcovid19.org, didapati bahwa tingkat penerimaan publik terhadap vaksin corona di Indonesia masih rendah.

Jangan lewatkan streaming Kompas TV live 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live agar kamu semua tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia. Subscribe juga channel YouTube Kompas TV dan aktifkan lonceng supaya kamu dapat notifikasi video terbaru langsung.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x