Kompas TV olahraga kompas sport

Liga Champions: Real Madrid Ditumbangkan Shakhtar Donetsk 2-3

Kompas.tv - 22 Oktober 2020, 02:54 WIB
liga-champions-real-madrid-ditumbangkan-shakhtar-donetsk-2-3
Manor Solomon dari Shakhtar Donetsk mencetak gol ketiga timnya di Liga Champions. Pertandingan grup B antara Real Madrid dan Shakhtar Donetsk berlangsung di stadion Alfredo di Stefano di Madrid, Spanyol, Rabu, 21 Oktober 2020. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu

KOMPAS.TV - Real Madrid ditumbangkan Shakhtar Donetsk pada fase grup Liga Champions, Rabu (21/10/2020) malam WIB. Pertandingan berakhir dengan skor 2-3.

Real Madrid vs Shakhtar merupakan laga pertama Grup B Liga Champions yang berlangsung di Stadion Alfredo Di Stefano, Spanyol.

Tiga gol kemenangan Shakhtar Donetsk dicetak oleh Tete (29'), Raphael Varane (bunuh diri, 33'), dan Manuel Solomon (43'). Adapun dua gol balasan Real Madrid dicetak oleh Luka Modric pada menit ke-54 dan Vinicius Jr (59').

Seperti dilansir dari Kompas.com, kekalahan ini membuat Real Madrid berada di dasar klasemen Grup B tanpa mengoleksi satu poin pun. Adapun Shakhtar melaju ke puncak klasemen Grup B dengan koleksi 3 poin.

Real Madrid yang tampil tanpa sang kapten, Sergio Ramos, terlihat kocar kacir di lini belakang pada babak pertama. Aktor yang membuat lini belakang Real Madrid kewalahan tak lain adalah bintang muda Shakhtar asal Brasil, Mateus Cardoso Lemos, atau akrab disapa Tete.

Baca Juga: Liga Champions: Manchester United Kandaskan Perlawanan PSG 2-1

Tete mencetak gol pembuka Shakhtar Donetsk pada menit ke-29 melalui tembakan kaki kiri dari dalam kotak penalti Real Madrid. Tete kemudian berperan penting terhadap bunuh diri Raphael Varane (33') dan gol ketiga Shakhtar Donetsk yang dicetak oleh Manor Solomon (43').

Tertinggal 0-3, Real Madrid langsung melakukan perubahan pada awal babak kedua. Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, langsung memasukkan Karim Benzema dan menarik keluar Rodrygo. Real Madrid juga langsung meningkatkan tempo permainan.

Usaha Real Madrid untuk memperkecil ketertinggalan membuahkan hasil pada menit ke-54. Luka Modric mencetak gol indah melalui tembakan keras kaki kanan dari luar kotak penalti Shakhtar Donetsk. Tak tinggal diam, Shakhtar Donetsk nyaris memperlebar keunggulan andai tembakan Dentinho dari dalam kotak penalti Real Madrid tidak melebar pada menit ke-56.

Baca Juga: Liga Champions: Chelsea dan Sevilla Berakhir dengan Skor Kacamata 0-0

Zidane kembali memasukkan pemain menyerang Vinicius Jr pada menit ke-59 untuk menggantikan Luka Jovic. Pergantian itu memberikan dampak yang langsung terlihat. Sentuhan pertama Vinicius Jr berbuah gol kedua Real Madrid.

Vinicius yang baru masuk berhasil mencuri bola dari kapten Shakhtar, Marlos. Setelah melewati satu pemain, Vinicius langsung melepaskan tembakan kaki kanan mendatar yang membuat kiper Shakhtar, Anatilii Trubin, mati kutu.

Pada menit ke-63, Tete menyia-nyiakan kesempatan untuk mencetak gol keduanya. Tete yang lolos dari jebakan offside terlambat melakukan tembakan ketika berada dalam situasi 1 lawan 1 melawan Courtois. Memasuki menit ke-75, tempo pertandingan sedikit mengendur.

Hingga akhir laga, Real Madrid yang terus menekan gagal mencetak gol penyeimbang. Real Madrid sempat mencetak gol pada menit ke-90+2 melalui sepakan Federico Valverde. Namun, gol itu dianulir karena Vinicius Jr mengalangi pandangan kiper Shakhtar. Skor 3-2 untuk kemenangan Shakhtar bertahan hingga akhir pertandingan.

Baca Juga: Liga Champions: Barcelona Libas Ferencvaros 5-1

Susunan pemain Real Madrid vs Shakhtar Donetsk:
Real Madrid (4-3-3-):
1-Thibaut Courtois, 23-Ferland Mendy, 3-Eder Militao, 5-Raphael Varane, 12-Marcelo; 15-Federico Valverde, 14-Casemiro, 10-Luka Modric (Toni Kroos 70'); 25-Rodrygo (Karim Benzema 46'), 18-Luka Jovic (Vinicius Jr 59'), 11-Marco Asensio
Pelatih: Zinedine Zidane

Shakhtar Donetsk (4-2-3-1):
81-Anatolii Trubin; 15-Viktor Korniienko, 77-Valeriy Bondar, 5-Davit Khocholava, 2-Dodo; 27-Maycon Barberan, 11-Marlos; 19-Manor Solomon, 8-Marcos Antonio, 14-Tete; 9-Dentinho
Pelatih: Luis Castro

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.