Kompas TV internasional kompas dunia

Paus Fransiskus Dukung Homoseksual dalam Film Dokumenter Francesco

Kamis, 22 Oktober 2020 | 00:34 WIB
paus-fransiskus-dukung-homoseksual-dalam-film-dokumenter-francesco
Paus Fransiskus (tengah) di Vatikan, Rabu (21/10). (Sumber: AP Photo / Gregorio Borgia)

ROMA, KOMPAS.TV – Untuk pertama kalinya, Paus Fransiskus mendukung persatuan sipil (serupa perkawinan) sesama jenis. Pernyataan Paus ini terekam dalam film dokumenter Francesco yang diluncurkan di Festival Film Roma, Rabu (21/10). Dengan pernyataannya ini, Paus Fransiskus menjadi Paus pertama yang mendukung homoseksual.  

“Homoseksual punya hak untuk berkeluarga. Mereka adalah anak-anak Tuhan,” kata Paus Fransiskus dalam salah satu wawancara di film dokumenter Francesco. “Yang harus kita punya adalah hukum persatuan sipil (yang serupa dengan perkawinan); dengan begitu mereka sah secara hukum.”

Selama mengabdi sebagai uskup agung di Buenos Aires, Argentina, Paus Fransiskus mendukung persatuan sipil bagi pasangan gay sebagai alternatif perkawinan sesama jenis. Namun, ia tidak pernah menyatakan ini ke publik dalam kapasitasnya sebagai Paus.

Baca Juga: “Docs by The Sea”, Tempat Kumpulnya Pembuat Dokumenter

Film dokumenter Francesco menceritakan tentang isu-isu yang menjadi perhatian utama Paus Fransiskus, termasuk lingkungan, kemiskinan, migrasi, diskriminasi ras dan kesenjangan pendapatan, dan orang-orang yang paling terdampak diskriminasi.

Salah satu karakter utama dalam film dokumenter ini adalah Juan Carlos Cruz, pendeta penyintas kekerasan seksual di Chile yang sempat bertemu Paus Fransiskus dalam kunjungannya ke Chile di tahun 2018. Cruz yang seorang gay mengatakan, selama awal-awal pertemuannya dengan sang Paus Mei 2018 silam, Paus Fransiskus meyakinkannya bahwa Tuhanlah yang membuat Cruz gay.

Juan Carlos Cruz dalam peluncuran film dokumenter Francesco di Roma, Rabu (21/10). (Sumber: AP Photo / Alessandra Tarantino)

Francesco menceritakan kisah Cruz dalam potongan-potongan adegan dan menarasikan evolusi pemahaman Paus Fransiskus akan kekerasan seksual, juga mendokumentasikan pandangan sang Paus atas kaum gay.

Penulis : Vyara Lestari





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:20
KANTOR BUPATI BLITAR RUSAK AKIBAT GEMPA BERMAGNITUDO 6,1 YANG GUNCANG WILAYAH JAWA TIMUR SIANG INI   DAMPAK GEMPA DIRASAKAN HAMPIR DI SELURUH WILAYAH JAWA TIMUR HINGGA MATARAM, NUSA TENGGARA BARAT   BMKG SEBUT PUSAT GEMPA BERADA DI LAUT PADA JARAK 96 KM ARAH SELATAN KOTA MALANG DENGAN KEDALAMAN 25 KILOMETER   KEPALA BMKG STASIUN GEOFISIKA MALANG SEBUT GEMPA YANG DIRASAKAN WARGA MALANG BERMAGNITUDO 6,1   BMKG SEBELUMNYA MENYATAKAN GEMPA DI WILAYAH MALANG TERCATAT MEMILIKI KEKUATAN MAGNITUDO 6,7   SULTAN HB X MINTA WARGA LANSIA BERSEDIA DIVAKSIN AGAR PUNYA IMUNITAS DAN SUKSESKAN PROGRAM PEMERINTAH   GUBERNUR YOGYAKARTA SULTAN HAMENGKU BUWONO X JALANI SUNTIK VAKSIN COVID-19 DOSIS KEDUA HARI INI   PELABUHAN MERAK TETAP AKAN BEROPERASI LAYANI PENYEBERANGAN BARANG SAAT ATURAN LARANGAN MUDIK DITERAPKAN   PELABUHAN MERAK TAK AKAN LAYANI PENYEBERANGAN UNTUK ORANG SAAT ATURAN LARANGAN MUDIK PADA 6-17 MEI DIBERLAKUKAN   POLDA METRO JAYA SEBUT AKAN ADA 20 PERSONEL TAMBAHAN YANG DIKERAHKAN UNTUK MENJAGA JALUR TIKUS KE LUAR JAKARTA   TERAPKAN LARANGAN MUDIK, POLDA METRO JAYA AKAN SIAPKAN 380 PERSONEL UNTUK MENJAGA 8 JALUR UTAMA   ANTISIPASI WARGA MUDIK, POLDA METRO JAYA BERLAKUKAN 8 TITIK PENYEKATAN JALUR UTAMA   BMKG SEBUT GEMPA BERMAGNITUDO 6,1 DI MALANG TERASA HINGGA KOTA YOGYAKARTA DAN KABUPATEN BANTUL   BMKG: GEMPA BERMAGNITUDO 6,1 GUNCANG MALANG, JATIM, PADA SABTU SIANG PUKUL 14.00 WIB TAK BERPOTENSI TSUNAMI