Kompas TV internasional kompas dunia

Paus Fransiskus Dukung Homoseksual dalam Film Dokumenter Francesco

Kamis, 22 Oktober 2020 | 00:34 WIB
paus-fransiskus-dukung-homoseksual-dalam-film-dokumenter-francesco
Paus Fransiskus (tengah) di Vatikan, Rabu (21/10). (Sumber: AP Photo / Gregorio Borgia)

ROMA, KOMPAS.TV – Untuk pertama kalinya, Paus Fransiskus mendukung persatuan sipil (serupa perkawinan) sesama jenis. Pernyataan Paus ini terekam dalam film dokumenter Francesco yang diluncurkan di Festival Film Roma, Rabu (21/10). Dengan pernyataannya ini, Paus Fransiskus menjadi Paus pertama yang mendukung homoseksual.  

“Homoseksual punya hak untuk berkeluarga. Mereka adalah anak-anak Tuhan,” kata Paus Fransiskus dalam salah satu wawancara di film dokumenter Francesco. “Yang harus kita punya adalah hukum persatuan sipil (yang serupa dengan perkawinan); dengan begitu mereka sah secara hukum.”

Selama mengabdi sebagai uskup agung di Buenos Aires, Argentina, Paus Fransiskus mendukung persatuan sipil bagi pasangan gay sebagai alternatif perkawinan sesama jenis. Namun, ia tidak pernah menyatakan ini ke publik dalam kapasitasnya sebagai Paus.

Baca Juga: “Docs by The Sea”, Tempat Kumpulnya Pembuat Dokumenter

Film dokumenter Francesco menceritakan tentang isu-isu yang menjadi perhatian utama Paus Fransiskus, termasuk lingkungan, kemiskinan, migrasi, diskriminasi ras dan kesenjangan pendapatan, dan orang-orang yang paling terdampak diskriminasi.

Salah satu karakter utama dalam film dokumenter ini adalah Juan Carlos Cruz, pendeta penyintas kekerasan seksual di Chile yang sempat bertemu Paus Fransiskus dalam kunjungannya ke Chile di tahun 2018. Cruz yang seorang gay mengatakan, selama awal-awal pertemuannya dengan sang Paus Mei 2018 silam, Paus Fransiskus meyakinkannya bahwa Tuhanlah yang membuat Cruz gay.

Juan Carlos Cruz dalam peluncuran film dokumenter Francesco di Roma, Rabu (21/10). (Sumber: AP Photo / Alessandra Tarantino)

Francesco menceritakan kisah Cruz dalam potongan-potongan adegan dan menarasikan evolusi pemahaman Paus Fransiskus akan kekerasan seksual, juga mendokumentasikan pandangan sang Paus atas kaum gay.

Penulis : Vyara Lestari


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:52
BACA LIPUTAN SEPUTAR VAKSINASI COVID-19 DALAM HARIAN KOMPAS EDISI KHUSUS: KLIK.KOMPAS.ID/EDISIVAKSIN   GARDA REVOLUSI IRAN MENGUJI COBA RUDAL BALISTIKNYA TERHADAP TARGET DI SAMUDRA HINDIA   BRASIL KIRIM KEMBALI DOKUMEN UNTUK PENGGUNAAN DARURAT VAKSIN KORONA SPUTNIK V BUATAN RUSIA   MENKEU PORTUGAL JOAO LEAO POSITIF TERINFEKSI KORONA   ITALIA MENANGGUHKAN PENERBANGAN DARI BRASIL ATAS TANGGAPAN JENIS BARU VIRUS KORONA   GOR SUDIRMAN DI GARUT, JABAR, DISEGEL KARENA MELANGGAR PROTOKOL KESEHATAN   JEMBATAN PENGHUBUNG JALUR TRANS-KALIMANTAN DI KECAMATAN MATARAMAN, BANJAR, KALSEL TERPUTUS   PVMBG: SELAIN GUNUNG SEMERU, GUNUNG API ILE LEWOTOLOK DAN GUNUNG SINABUNG JUGA AKTIVITAS VULKANIKNYA MASIH TINGGI   BPBD JATIM IMBAU WARGA TIDAK BERAKTIVITAS DI AREA DALAM RADIUS 1 KILOMETER DARI PUNCAK GUNUNG SEMERU   SEMBILAN KECAMATAN DI PROBOLINGGO TERDAMPAK HUJAN ABU VULKANIK GUNUNG SEMERU   TIM SAR TERUS SISIR PENCARIAN KORBAN YANG TERJEBAK DALAM RERUNTUHAN GEMPA DI MAMUJU, SULAWESI BARAT   BNPB MINTA MASYARAKAT MAMUJU TAK TERPENGARUH ISU HOAKS SOAL GEMPA BUMI SULAWESI BARAT   BAKAMLA MENGUSIR KAPAL VIETNAM YANG BERDALIH MESIN KAPAL RUSAK DI LAUT NATUNA   KEMENKES: ORANG TANPA GEJALA COVID-19 TETAP BISA DIBERI VAKSIN