Kompas TV regional berita daerah

"Jogo Tonggo" Tumbuhkan Peduli DIkala Pandemi

Kompas.tv - 21 Oktober 2020, 23:28 WIB

SOLO, KOMPAS.TV - Kesibukan terlihat di wilayah RW 09 Kelurahan Gandekan, Kota Solo, Jawa Tengah. Para ibu memasak nasi, sayur, dan aneka lauk pauk. Sementara para pria membersihkan lingkungan. Sedangkan karang taruna, menyemprot rumah dan fasilitas umum dengan desinfektan. Inilah aktivitas jogo tonggo, yang marak dikala pandemi Covid-19 mendera.

 

Sejumlah warga menjalani karantina, karena kontak dekat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Bukan pengucilan atau penyingkiran, mereka justru mendapatkan jaminan dari para tetangga. Rumah mereka aman terjaga, kebutuhan sehari-hari pun terpenuhi. Mereka dipenuhi gizinya, tiga kali sehari secara rutin.

 

Jogo tonggo dibuat, sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan. Bukan hanya soal kebutuhan, tapi juga pemberdayaan. Tak heran di setiap sudut kampung, ada kebun sayur dan kolam ikan. Hasilnya dinikmati bersama, sebagai bentuk guyub rukun. Solidaritas berbuah kepatuhan, terhadap protokol kesehatan sebagai gaya hidup baru.

 

Jogo tonggo kian menguatkan solidaritas antar warga, serta menumbuhkan kesadaran untuk mematuhi protokol kesehatan. Terlepas dari pandemi, jogo tonggo merupakan pengingat jika manusia adalah makhluk sosial, yang tak bisa hidup tanpa sesamanya. Sudah barang tentu kita harus ingat, saudara terdekat kita adalah tetangga. Mari jaga mereka, dan mereka pun akan menjaga kita.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x