Kompas TV regional berita daerah

"Jogo Tonggo" Tumbuhkan Peduli DIkala Pandemi

Rabu, 21 Oktober 2020 | 23:28 WIB

SOLO, KOMPAS.TV - Kesibukan terlihat di wilayah RW 09 Kelurahan Gandekan, Kota Solo, Jawa Tengah. Para ibu memasak nasi, sayur, dan aneka lauk pauk. Sementara para pria membersihkan lingkungan. Sedangkan karang taruna, menyemprot rumah dan fasilitas umum dengan desinfektan. Inilah aktivitas jogo tonggo, yang marak dikala pandemi Covid-19 mendera.

 

Sejumlah warga menjalani karantina, karena kontak dekat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Bukan pengucilan atau penyingkiran, mereka justru mendapatkan jaminan dari para tetangga. Rumah mereka aman terjaga, kebutuhan sehari-hari pun terpenuhi. Mereka dipenuhi gizinya, tiga kali sehari secara rutin.

 

Jogo tonggo dibuat, sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan. Bukan hanya soal kebutuhan, tapi juga pemberdayaan. Tak heran di setiap sudut kampung, ada kebun sayur dan kolam ikan. Hasilnya dinikmati bersama, sebagai bentuk guyub rukun. Solidaritas berbuah kepatuhan, terhadap protokol kesehatan sebagai gaya hidup baru.

 

Jogo tonggo kian menguatkan solidaritas antar warga, serta menumbuhkan kesadaran untuk mematuhi protokol kesehatan. Terlepas dari pandemi, jogo tonggo merupakan pengingat jika manusia adalah makhluk sosial, yang tak bisa hidup tanpa sesamanya. Sudah barang tentu kita harus ingat, saudara terdekat kita adalah tetangga. Mari jaga mereka, dan mereka pun akan menjaga kita.

Penulis : KompasTV Pekalongan



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:25
BARCELONA DIDENDA RP 50,5 JUTA AKIBAT SELEBRASI YANG DILAKUKAN LIONEL MESSI SAAT MELAWAN OSASUNA   PBB SEBUT KELOMPOK MILITAN BOKO HARAM BANTAI 110 PETANI DI NIGERIA PADA AKHIR PEKAN LALU   PRESIDEN TERPILIH AS JOE BIDEN CEDERA PERGELANGAN KAKI SAAT BERMAIN DENGAN ANJING PELIHARAANNYA   PENDAKIAN GUNUNG SEMERU DITUTUP HINGGA BATAS WAKTU YANG BELUM DITENTUKAN SETELAH AKTIVITAS VULKANIS MENINGKAT   KEPALA BPPTKG HANIK HUMAIDA PERKIRAKAN ERUPSI GUNUNG MERAPI BERSIFAT EFUSIF ATAU LELEHAN   DKPP GELAR SIDANG PEMERIKSAAN DUGAAN PELANGGARAN KODE ETIK TERHADAP KETUA DAN ANGGOTA KPU & BAWASLU KETAPANG, KALBAR   GUBERNUR GORONTALO RUSLI HABIBIE MINTA SATGAS COVID-19 LAKUKAN KARANTINA TERPUSAT BAGI 16 GURU POSITIF KORONA   MENGECAM KERAS AKSI TEROR DI SIGI, KETUA DEWAN MASJID INDONESIA JUSUF KALLA MINTA POLISI TUMPAS TUNTAS TERORISME   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD PASTIKAN PEMERINTAH AKAN AMBIL TINDAKAN TEGAS TERHADAP PELAKU TEROR DI SIGI, SULTENG   DEVISA NEGARA YANG DIHASILKAN OLEH EKSPOR BAHAN BAKU BRIKET ARANG TEMPURUNG KELAPA MENCAPAI RP 6,8 T PER TAHUN   JADI KOMODITAS EKSPOR, BAHAN BAKU BRIKET ARANG TEMPURUNG KELAPA DI JAWA TENGAH MULAI LANGKA   RUANG ISOLASI PASIEN KORONA DI 5 RS RUJUKAN DI KULON PROGO, DIY, PENUH SEJAK KLASTER DUKCAPIL MUNCUL   RS UMMI AKUI ADA KELEMAHAN DI SISTEM INTERNAL DAN MEMINTA MAAF SOAL KASUS TES USAP KORONA RIZIEQ SHIHAB   KEMENSOS BERI INSENTIF MODAL USAHA RP 3,5 JUTA KE 10.000 KELUARGA PENERIMA MANFAAT PROGRAM KELUARGA HARAPAN GRADUASI