Kompas TV TALKSHOW satu meja

Fadjroel: Presiden Joko Widodo Tegak Lurus Terhadap Konstitusi - SATU MEJA THE FORUM (Bag2)

Kompas.tv - 21 Oktober 2020, 23:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Satu tahun sudah Presiden Joko Widodo – KH Maruf Amin memimpin negeri ini. Banyak peristiwa politik dan ekonomi mewarnai tahun pertama periode kedua kepemimpinan Jokowi.

Berbeda dengan periode sebelumnya, periode kedua ini Jokowi banyak menghadapi aksi protes dan demonstrasi. Di awal pemerintahan, Jokowi dihadapkan dengan gelombang aksi unjuk rasa menolak revisi sejumlah UU, salah satunya UU KPK dan KUHP. Aksi serupa kembali terjadi.

Ribuan orang di berbagai kota turun ke jalan memprotes pengesahan Undang Undang Cipta Kerja.Satu tahun pemerintahan Jokowi juga banjir dengan kritik terkait menguatnya oligarki, menyusutnya demokrasi serta ancaman terhadap kebebasan berekspresi.

Serangan terhadap kebebasan berekspresi terus terjadi. Metode serangan dilakukan lewat peretasan, intimidasi, doxing, dan penyiksaan di ruang cyber. Juga penangkapan dan penahanan.

Satu tahun pemerintahan Jokowi juga diwarnai dengan resesi ekonomi. Pandemi covid-19 yang tak kunjung berhenti merontokkan ekonomi dan memicu terjadinya resesi.

Bagaimana kinerja Jokowi – KH Maruf Amin di tahun pertama? Apa benar Indonesia mengalami defisit demokrasi? Apa benar kebebasan berekspresi makin terancam? Mampukah Jokowi membawa Indonesia keluar dari resesi ekonomi? 

#SatuMejaTheForum #SatuTahunJokowiMaruf #JokowiMarufAmin



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.