Kompas TV regional peristiwa

Geger Penemuan Bayi Hiu Bermata Satu di Maluku, Ini Penjelasan Ahli

Kompas.tv - 21 Oktober 2020, 18:45 WIB
geger-penemuan-bayi-hiu-bermata-satu-di-maluku-ini-penjelasan-ahli
Seekor bayi hiu bermata satu yang menghebohkan warga di Kepulauan Aru, Maluku. (Sumber: Dadang Pattikaloba)
Penulis : Idham Saputra

AMBON, KOMPAS.TV – Penemuan seekor bayi hiu bermata satu yang mirip mata manusia menghebohkan warga Dusun Jarukin, Desa Maekor, Kecamatan Aru Selatan Utara, Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku.

Seorang nelayan setempat bernama Juman Selfara menemukan bayi hiu tersebut setelah ia membelah perut ikan hiu yang ditangkapnya saat melaut di perairan desa dua pekan lalu.

Bayi hiu berwarna putih cerah itu memiliki panjang sekitar 30 cm.

Warga sejumlah desa di kecamatan tersebut heboh dan berbondong-bondong mendatangi rumah Juman untuk melihat dari dekat bayi hiu bermata satu.

Baca Juga: Mengejutkan, Bayi Hiu Berkepala Dua Ditemukan Tertangkap Jaring Nelayan

Menurut menantu Juman, Dadang Pattikaloba, awalnya mertuanya menemukan induk bayi hiu tersebut terjerat jaring saat melaut pada 11 Oktober lalu. Induk hiu itu pun dibawa pulang dan dibelah perutnya.

“Saat perut ikan hiu itu dibelah ternyata ada empat ekor bayi ikan hiu di dalam, kebetulan ada seorang anak melihat perut ikan hiu itu di bela dan dia memberi tahu kepada mertua saya ada satu lagi dan ternyata benar jadi semua ada lima ekor,” kata Dadang, Rabu (21/10/2020), dikutip dari Kompas.com

Dadang mengatakan dari lima bayi hiu, empat ekor terlihat normal sementara satu ekor hanya memiliki satu mata yang mirip mata manusia.

“Kita semua heran saat itu, ada anak ikan hiu bermata satu seperti dajal dan mirip sekali dengan mata manusia. Itu yang membuat geger sampai warga desa-desa tetangga semua datang ke sini,” ujarnya.

Baca Juga: Hiu Paus Terdampar, Dimanfaatkan Warga Untuk Penuhi Kebutuhan Makan

Karena meyakini penemuan bayi hiu bermata satu tersebut sebagai sebuah pertanda, warga setempat enggan menguburkannya tersebut sampai saat ini. 

Menurut Dadang bayi hiu itu saat ini telah diawetkan dengan cara dikeringkan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x