Kompas TV regional berita daerah

Pemkab Blitar Ekspor 6000 Gendang Ke Tiongkok

Kompas.tv - 21 Oktober 2020, 18:34 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

BLITAR, KOMPAS.TV - Dua kontainer bermuatan gendang ini dilepas oleh Pemerintah Kabupaten Blitar untuk diekspor ke Tiongkok. Ada 6 ribu gendang yang telah laku terjual ke negeri tirai bambu.

Ribuan gendang itu merupakan produk dari salah satu UMKM yang ada di Kabupaten Blitar. Yang menarik produksi gendang tersebut melibatkan sejumlah kaum difabel, yang selama ini sulit untuk mendapatkan pekerjaan.

Ekspor Gendang Jimbe tersebut menjadi yang pertama dilakukan dalam masa pandemi corona. Selain sebagai upaya untuk menggeliatkan ekonomi mikro, kegiatan ekspor ini juga bertujuan untuk membuka lapangan kerja bagi warga di masa pandemi.

Tidak hanya gendang dalam satu minggu ke depan pemerintah Kabupaten Blitar juga berencana akan melakukan ekspor kerajinan kayu ke Negara Tiongkok.

Usaha Gendang Jimbe sendiri merupakan salah satu sektor UMKM yang paling banyak jumlahnya di Kabupaten Blitar. Diharapkan dengan adanya upaya ekspor ini kualitas dan kuantitas produksi Gendang Jimbe karya UMKM . Kabupaten Blitar mampu meningkat. Sehingga tidak menutup kemungkinan jangkauan ekspor Gendang Jimbe asal Blitar juga semakin meluas. 

#Blitar #UMKM #Gendang #Jimbe #Tiongkok #BeritaKediri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x