Kompas TV regional berita daerah

Bisnis UMKM di Blitar Mulai Menggeliat Saat Pandemi Covid-19

Rabu, 21 Oktober 2020 | 18:09 WIB

Blitar, KompasTV Jawa Timur - Bisnis ekspor yang sempat terdampak pandemi Virus Corona kini mulai pulih.

Di kabupaten Blitar misalnya, produktivitas dan geliat ekonomi UMKM mulai menggeliat. Hal ini dibuktikan saat Pemerintah Kabupaten Blitar mampu mengekspor 6.000 gendang Jimbe senilai ratusan juta rupiah ke Tiongkok.

Dua kontainer bermuatan gendang ini dilepas oleh Pemerintah Kabupaten Blitar untuk diekspor ke Negeri Tirai Bambu tersebut.

Ribuan gendang ini merupakan produk dari salah satu UMKM yang ada di kabupaten Blitar.

Selain di produksi oleh pengrajin, sejumlah kaum difabel juga ikut diberdayakan dalam proses pembuatan gendang Jimbe tersebut.

Ekspor Gendang Jimbe ini menjadi yang pertama dilakukan dalam masa pandemi Covid-19. Selain sebagai upaya untuk menggeliatkan ekonomi mikro, kegiatan ekspor ini juga bertujuan untuk membuka lapangan kerja bagi warga di masa pandemi.

Tidak hanya gendang, dalam satu minggu ke depan Pemerintah Kabupaten Blitar juga berencana akan melakukan ekspor kerajinan kayu ke Tiongkok.

Usaha gendang Jimbe sendiri merupakan salah satu sektor UMKM yang paling banyak jumlahnya di kabupaten Blitar.

“Ekspor ini membuat posisi Blitar akan lebih luar biasa, serta memiliki brand yang bagus. Ini akan dibangun dengan kualitas produk yang bagus sesuai permintaan.” Jelas Pjs Bupati Blitar, Budi Sentosa setelah melepas kontainer berisi gendang Jimbe.

Diharapkan dengan adanya upaya ekspor ini, dapat membuka jalan bagi para produsen maupun pengrajin gendang Jimbe untuk meningkatkan kualitas dan kuantitasnya. Sehingga dapat menembus pasar luar negeri.

 

#Blitar #Jatim #UMKM #Bisnis #Ekspor #China #Tiongkok #Kerajinan

MEDIA SOSIAL KOMPAS TV JAWA TIMUR :

facebook :https://www.facebook.com/kompastvjatim

instagram :https://www.instagram.com/kompastvjatim

twitter :https://twitter.com/kompastvjatim 

Penulis : KompasTV Surabaya



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:47
BALAI KONSERVASI BOROBUDUR TUTUP 56 STUPA MENGGUNAKAN TERPAL UNTUK ANTISIPASI DAMPAK HUJAN ABU VULKANIK   BELUM BUKA LOWONGAN, PT TRANSJAKARTA: HATI-HATI PENIPUAN   WAGUB DKI MINTA PRESIDEN JOKOWI BUAT KEBIJAKAN UNTUK TEKAN ANGKA PENULARAN COVID-19 SAAT LIBUR AKHIR TAHUN   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY CEK RSUD JAYAPURA YANG AKAN MENJADI RUMAH SAKIT RUJUKAN PON 2021   MENTERI BASUKI HADIMULJONO GANDENG KPK DALAM MENGELOLA ANGGARAN INFRASTRUKTUR SEBESAR RP 150 TRILIUN   KASUS KORONA DI DKI TINGGI, SATGAS COVID-19 MINTA GUBERNUR ANIES BASWEDAN TINDAK PELANGGAR PROTOKOL KESEHATAN   KPK AJUKAN 600 IZIN PENYADAPAN UNTUK PANTAU PILKADA HINGGA ANGGARAN COVID-19   JELANG PENCOBLOSAN PILKADA, MENDAGRI MINTA DINAS DUKCAPIL TIDAK PERSULIT WARGA YANG INGIN MEMBUAT KTP ELEKTRONIK   GUBERNUR SRI SULTAN HAMENGKUBUWONO PERSILAKAN KPK USUT DUGAAN KORUPSI PEMBANGUNAN STADION MANDALA KRIDA    SATGAS PENANGANAN COVID-19: LIBUR PANJANG AKHIR TAHUN BERPOTENSI NAIKKAN PENULARAN KORONA   CEGAH PENYEBARAN COVID-19, GUBERNUR GANJAR PRANOWO USULKAN LIBUR AKHIR TAHUN DITIADAKAN   IRJEN NAPOLEON BONAPARTE SEBUT TOMMY SUMARDI SEMPAT TELEPON WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN DI HADAPANNYA   IRJEN NAPOLEON BONAPARTE SEBUT TOMMY SUMARDI MENGAKU TEMUI DIRINYA ATAS RESTU DARI KABARESKRIM POLRI   IRJEN NAPOLEON BONAPARTE BERTEMU TOMMY SUMARDI BERSAMA BRIGJEN PRASETIJO UTOMO DI RUANG KERJANYA