Kompas TV nasional berita kompas tv

Presiden Jokowi Bertemu Yoshihide Suga, Perkuat Kerjasama Bilateral

Kompas.tv - 21 Oktober 2020, 15:31 WIB
Penulis : Dea Davina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kedatangan Perdana Menteri Jepang, Yoshihide Suga dan Istrinya Mariko Suga di Istana Bogor pada Selasa (20/10) sore disambut hujan rintik-rintik.

Bersama sang istri, Iriana, Presiden Joko Widodo menerima kunjungan bilateral pertama Yoshihide Suga ke Indonesia setelah dilantik sebagai Perdana Menteri pada September lalu menggantikan Shinzo Abe yang mundur dari jabatannya karena sakit.

Meski dijadwalkan hanya berada di Indonesia hingga 21 Oktober, perjamuan Suga dan Joko Widodo menghasilkan sejumlah kesepakatan.

Salah satunya adalah soal penanganan pandemi covid-19.

Jepang bersedia membantuk memberikan pinjaman sebesar 50 Miliar Yen atau sekitar 6,9 Triliun Rupiah untuk penanggulangan corona di Indonesia.

Selain itu, Jepang dan Indonesia juga sepakat membuka akses perjalanan terbatas bagi pebisnis maupun perawat atau caregiver di tengah pandemi.

Aturan detailnya dinegosiasikan Menteri Luar Negeri kedua negara dan ditargetkan rampung pada bulan November mendatang.

Urusan pertahanan, hingga kerja sama ekonomi juga tak luput dari pembahasan.

Indonesia mengapresiasi perluasan investasi perusahaan-perusahaan Jepang di Indonesia.

Jepang juga mantap memajukan kerja sama di bidang infrastruktur, seperti pembangunan MRT, kereta semicepat jalur Jakarta - Surabaya, Pelabuhan Patimban hingga pembangunan di pulau-pulau terluar Indonesia. 
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.