Kompas TV regional peristiwa

Viral! Seekor Ular Melingkar di Tiang Kraton Saat Haul Sultan HB IX, Ini Tanggapan Kraton

Kompas.tv - 21 Oktober 2020, 10:34 WIB
viral-seekor-ular-melingkar-di-tiang-kraton-saat-haul-sultan-hb-ix-ini-tanggapan-kraton
Seekor ular melingkari pilar Bangsal Magangan, Keraton Yogyakarta. (Sumber: Twitter.com/RahmaPt)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Foto seekor ular ular melingkari salah satu tiang di Bangsal Maganan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat ramai di media sosial Twitter. Pihak Keraton Yogyakarta membenarkan kejadian itu.

"Di Bangsal Magangan, tepatnya di pilar sebelah barat utara, itu persis di atas umpak (batu penyangga tiang). Jadi itu bagiannya kan umpak yang paling bawah, terus atasnya kan sudah mulai tiangnya itu, nah itu pas melingkar di atas umpak itu," kata Penghageng Tepas Dwarapura Keraton Yogyakarta, KRT Jatiningrat.

Romo Tirun itu menambahkan peristiwa seperti itu merupakan kejadian yang biasa di lingkungan Keraton Yogyakarta. Dengan begitu, kata Romo Tirun, peristiwa itu tidak terlalu mengejutkan.

''Itu biasa di Keraton itu terjadi seperti itu. Jika kejadiannya di luar Keraton mungkin mengejutkan tapi kalau di keraton itu, orang-orang keraton itu, ada harimau misalnya yang nganu, itu kan di dalam itu ada patung harimau yang menghadap ke selatan itu," kata Romo Tirun tanpa menjelaskan secara rinci.

Hanya, kata Romo Tirun, kejadian melingkarnya ular di pilar Keraton bisa dikatakan misterius. Alasannya, bentuk ular bermotif dan kejadian malam hari. Apalagi peristiwa bertepatan dengan saat haul Sri Sultan Hamengku Buwono IX.

Romo Tirun menjelaskan ular berada di pilar sebelah utara di atas umpak di Bangsal Mangangan. Ular tersebut tidak mengganggu dan hilang dengan sendirinya.

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x