Kompas TV nasional peristiwa

Imbauan Mendagri di Libur Panjang: Di Rumah Saja, Beres-Beres

Selasa, 20 Oktober 2020 | 22:19 WIB
imbauan-mendagri-di-libur-panjang-di-rumah-saja-beres-beres
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. (Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian kembali mengimbau masyarakat untuk tetap di rumah pada akhir bulan Oktober ini, meski terdapat cuti bersama dan libur panjang.

Menurut Tito, imbauan ini dilatari masa pandemi Covid-19 yang masih terjadi di Indonesia. Jika masyarakat memilih berlibur atau ke luar kota, terdapat potensi penyebaran Covid-19.

"(Kami) lihat ada potensi arus mudik. Ini rawan penularan. Kami mengimbau pada masyarakat terutama di daerah merah Jakarta, tolong berlibur di sini saja," kata Tito Karnavian dalam pernyataan virtualnya yang diterima jurnalis Kompas TV Gratia Adur dan Riky Sultana, Selasa (20/10/2020).

Tito menyarankan masyarakat beraktivitas di rumah saja. Seperti membereskan rumah, atau membereskan lingkungan. "Karena prediksi BMKG ada gangguan banjir, longsor. Nah, itu yang harus diperhatikan," imbuhnya.

Baca Juga: Libur Panjang Selama 5 Hari Akhir Bulan Ini, Tito Karnavian: Jangan Pergi ke Puncak dan Bandung

Namun jika masyarakat bersikukuh untuk ke luar kota dengan tujuan mudik atau apapun, Tito mengimbau untuk melakukan tes Covid-19 terlebih dahulu.

"Saya imbau untuk lakukan tes Covid, baik PCR atau rapid test. Tapi saya mendorong lebih baik PCR. Karena lebih akurat daripada rapid test," ujarnya.

Penulis : Hariyanto Kurniawan

1
2
3



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:55
GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN TARGETKAN STADION PERSIJA RAMPUNG PADA 2021   PEMKOT MALANG AKAN REVITALISASI TIGA PASAR RAKYAT PADA 2021   KEMENDIKBUD: PENDIDIKAN ANAK USIA DINI UNTUK KESIAPAN KEHIDUPAN ANAK YANG LEBIH BAIK   MENDIKBUD NADIEM MAKARIM: SEKOLAH TATAP MUKA HARUS SEIZIN PERWAKILAN ORANGTUA   PEMKAB MANGGARAI BARAT, NTT, AJUKAN BANTUAN BAGI 1.000 KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) KE KEMENSOS UNTUK 2021   SATGAS COVID-19 DENPASAR LIBATKAN TNI-POLRI CEGAH KERUMUNAN DI PILKADA 2020   SATGAS COVID-19 TAK IZINKAN JAZZ GUNUNG DIGELAR MESKI BROMO ZONA HIJAU   SATGAS COVID-19 MINTA MASYARAKAT TETAP WASPADA JELANG LIBUR PANJANG AKHIR TAHUN   JUBIR SATGAS COVID-19 WIKU ADISASMITO PASTIKAN PERSIAPAN VAKSIN UNTUK PENANGANAN KORONA BERJALAN BAIK   MENRISTEK BAMBANG BRODJONEGORO DORONG PENGUATAN EKOSISTEM RISET DAN INOVASI NASIONAL   KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN SEBUT UU CIPTA KERJA PERMUDAH USAHA PENGOLAHAN IKAN   KEMENPERIN MINTA SDM INDUSTRI ADAPTIF DI TENGAH DISRUPSI TEKNOLOGI   KEMENPERIN SIAPKAN STRATEGI BANGUN SDM INDUSTRI YANG KOMPETEN UNTUK TINGKATKAN DAYA SAING   MENDESA PDTT: DANA DESA BOLEH DIGUNAKAN APA SAJA SELAMA TIDAK BERTENTANGAN DENGAN UU YANG BERLAKU