Kompas TV bisnis bumn

Darmawan Junaidi, Sosok Baru Dirut Bank Mandiri

Kompas.tv - 20 Oktober 2020, 19:04 WIB
darmawan-junaidi-sosok-baru-dirut-bank-mandiri
DARMAWAN JUNAIDI (Sumber: DOK. BANK MANDIRI)
Penulis : Dyah Megasari

JAKARTA, KOMPASTV. PT Bank Mandiri Tbk (kode saham BMRI) akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), Rabu 20 Oktober 2020.

Merujuk pengumuman Bank Mandiri di laman Bursa Efek Indonesia (BEI), salah satu agendanya adalah pergantian pengurus salah bank milik negara ini.

Rencananya RUPSLB Bank Mandiri ini akan digelar pukul 14.00 AM  bertempat di Auditorium Plaza Mandiri Lt 3, Jalan Gatot Subroto Kav 36-38, Jakarta 12190.

Informasi yang didapat KONTAN menyebutkan, bahwa RUPSLB akan menunjuk Darmawan Junaidi menjadi Dirut Bank Mandiri. Darmawan akan menggantikan posisi Royke Tumilaar yang dalam RUPSLB PT Bank BNI Tbk (kode saham BBNI) menjadi  Dirut BNI.

Dalam RUPSLB Bank Mandiri besok, posisi wakil dirut juga berubah. Wakil Direktur Utama tak lagi dijabat Hery Gunardi. Pasalnya, Hery mendapat tugas dari Kementerian BUMN untuk  menyelesaikan merger bank-bank BUMN syariah.

Baca Juga: Tangan Dingin Erick Thohir Bentuk Bank Syariah Raksasa

“Pengalaman Pak Hery dalam mengawal merger bank BUMN (Bank Mandiri/BMRI) akan sangat membantu proses merger bank-bank syariah,” ujar sumber KONTAN.

Tak mengubah susunan komisaris, RUPSLB Bank Mandiri  besok juga akan menambah satu direksi bank dari pihak luar Bank Mandiri. Sayangnya, sumber KONTAN enggan menjelaskan nama direksi tersebut.

Lantas siapa Darmawan Junaidi?

Darmawan Junaidi saat ini   adalah Direktur Treasury, International Banking, and Special Asset Management Bank Mandiri. Jabatan ini diemban Darmawan sejak Agustus 2017.

Karir Darmawan di divisi  treasury Bank Mandiri juga terbilang panjang. Bahkan sepanjang karirnya, Darmawan juga lebih banyak di bidang treasury, sejak merger Bank Mandiri pada tahun 1999 hingga mendapat penugasan sebagai Group Head Treasury Bank Mandiri pada  tahun 2016.

Di bidang distribution,  Darmawan pernah bertugas sebagai Regional CEO Bali & Nusa Tenggara Bank Mandiri pada tahun 2015.

Yang juga menarik, mengawal beberapa group strategis, Darmawan juga berhasil memberikan kontribusi hingga 18% dari revenue Bank Mandiri pada tahun 2019.

Barangkali karena itu pula, pada RUPS Bank Mandiri Desember 2019, ia kembali ditunjuk sebagai Direktur Treasury, International Banking, & Special Asset Management, yang juga bertanggung jawab atas keberhasilan upaya loan recovery, legal, dan penyediaan solusi transaction banking wholesale segment.

Selain di Bank Mandiri, tahun 2016 hingga 2017, Darmawan pernah ditugaskan sebagai Direktur Keuangan PT Semen Indonesia  Tbk (kode saham SMGR). Bahkan  Darmawan juga sempat menjabat sebagai Plt. Direktur Utama di SMGR sama periode Mei-Agustus 2017.

Jabatan Komisaris Utama PT Semen Kupang Indonesia pernah juga dipercayakan sejak November 2016 hingga Agustus 2017.

Dalam penutupan perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia, Selasa (20/10), saham Bank Mandiri (BMRI) ditutup di harga Rp 5.650, turun 0,88%. (Titis Nurdiana Kontan)



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.