Kompas TV internasional kompas dunia

Pemerintah Tolak Permintaan AS, untuk Fasilitasi Operasi Pesawat Mata-Mata P-8 Poseidon di Indonesia

Selasa, 20 Oktober 2020 | 15:41 WIB
pemerintah-tolak-permintaan-as-untuk-fasilitasi-operasi-pesawat-mata-mata-p-8-poseidon-di-indonesia
(Sumber: P-8 Poseidon milik Angkatan Laut AS - Wikimedia )

JAKARTA,KOMPAS.TV – Indonesia menolak permintaan Amerika Serikat untuk mengijinkan pesawat militer pengawas maritim milik Amerika Serikat, P-8 Poseidon untuk mendarat dan mengisi bahan bakar di wilayah Republik Indonesia.

Kantor berita Reuters melaporkan, hal itu diungkapkan oleh empat pejabat senior Indonesia yang mengetahui permintaan tersebut kepada Reuters.

Amerika Serikat, pada Juli dan Agustus 2020 mengirimkan pejabat tingginya untuk melakukan pendekatan tingkat tinggi kepada Menteri Pertahanan, Menteri Luar Negeri dan  Presiden Indonesia. Dan semuanya  dengan tegas menolak (rebuff) permintaan tersebut.

Sejauh ini, permintaan konfirmasi  menyangkut informasi dari Reuters tersebut, belum ditanggapi oleh Kantor Presiden, Kemenhan dan Kemlu Indonesia.

Kementerian Luar Negeri dan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta, juga bersikap sama.  Sementara Perwakilan Kementerian Pertahanan AS dan Menteri Luar Neger  Retno Marsudi menolak memberi komentar.

Menurut Reuters, para pejabat senior Indonesia menganggap, permintaan Amerika  tersebut mengejutkan, karena Indonesia memiliki kebijakan luar negeri yang bebas aktif Indonesia juga tidak pernah mengizinkan militer asing beroperasi secara resmi di wilayah kedaulatannya.

Pesawat Pengintai Maritim P-8 Poseidon berperan sangat penting mengawasi kegiatan militer Cina di Laut China Selatan, yang sebagian besar diklaim oleh Beijing sebagai wilayah kedaulatan.

Penulis : Zaki Amrullah

1
2
3



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:50
PEMKOT MALANG AKAN REVITALISASI TIGA PASAR RAKYAT PADA 2021    DINKES KABUPATEN KLATEN, JAWA TENGAH: 40 PETUGAS PENYELENGGARA PILKADA KLATEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19   KEMENPERIN MINTA SDM INDUSTRI ADAPTIF DI TENGAH DISRUPSI TEKNOLOGI    KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN SEBUT UU CIPTA KERJA PERMUDAH USAHA PENGOLAHAN IKAN   KEMENPERIN SIAPKAN STRATEGI BANGUN SDM INDUSTRI YANG KOMPETEN UNTUK TINGKATKAN DAYA SAING   KEMENDIKBUD: PENDIDIKAN ANAK USIA DINI UNTUK KESIAPAN KEHIDUPAN ANAK YANG LEBIH BAIK   SATGAS COVID-19 TAK IZINKAN JAZZ GUNUNG DIGELAR MESKI BROMO ZONA HIJAU   SATGAS COVID-19 DENPASAR LIBATKAN TNI-POLRI CEGAH KERUMUNAN DI PILKADA   JELANG LIBUR PANJANG AKHIR TAHUN, SATGAS COVID-19 MINTA MASYARAKAT TETAP WASPADA   JUBIR SATGAS COVID-19 WIKU ADISASMITO PASTIKAN PERSIAPAN VAKSIN UNTUK PENANGANAN COVID-19 BERJALAN BAIK   MENDESA PDTT: DANA DESA BOLEH DIGUNAKAN APA SAJA SELAMA TIDAK BERTENTANGAN DENGAN UU YANG BERLAKU   KPAI SEBUT IBU YANG AJAK ANAK MENGEMIS HINGGA MENINGGAL DI BEKASI BERPOTENSI DIPIDANA   GUBERNUR DKI COPOT WALI KOTA JAKPUS DAN KADIS LINGKUNGAN HIDUP TERKAIT KERUMUNAN ACARA RIZIEQ SHIHAB   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN TARGETKAN STADION PERSIJA RAMPUNG PADA 2021