Kompas TV regional berita daerah

Jurus 20-20-20 untuk Kesehatan Mata di Tengah Pandemi, Apa Itu?

Kompas.tv - 20 Oktober 2020, 15:10 WIB
jurus-20-20-20-untuk-kesehatan-mata-di-tengah-pandemi-apa-itu
Cukup melalui pandangan mata dan hati atau pendengaran saja, penyakit Ain ini dapat terjadi (gambar ilustrasi) (Sumber: Pexel / Engin Akyurt)
Penulis : Switzy Sabandar

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Kesehatan mata juga harus menjadi prioritas di tengah pandemi Covid-19. Sebab, banyak kegiatan, belajar maupun bekerja, yang dilakukan secara daring atau online.

Orang kerap menghabiskan waktu di depan komputer, laptop, maupun ponsel sehingga kesehatan mata pun bisa terancam. Dokter spesialis mata Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM Tri Winarti membagikan sejumlah tips yang bisa dilakukan supaya mata tetap sehat selama bekerja atau belajar secara daring.

“Ada metode 20-20-20,” ujarnya dalam webinar Menjaga Kesehatan Mata Selama Kelas Online, Selasa (20/10/2020).

Baca Juga: Kolaborasi UGM dan WhatsApp Gandeng Perempuan di 4 Kota Jadi Penangkal Hoaks

Artinya, setiap 20 menit mata menatap layar, maka pandangan mata harus dialihkan melihat objek sejauh 20 kaki selama 20 detik untuk relaksasi mata.

Ia menyarankan setiap orang membuat catatan yang ditempel di dekat komputer atau alarm supaya tidak lupa menerapkannya. Selain itu, tingkat kecerahan layar harus diatur sehingga tidak terlalu terang maupun gelap.

“Misal pada tingkat 50 persen,” ucapnya.

Baca Juga: Mengenal Impostor Syndrome dan Cara Pencegahannya ala Psikolog UGM

Selain pengaturan tingkat kecerahan layar, hal yang tidak boleh dilupakan untuk menjaga kesehatan mata adalah pengaturan ruangan, seperti ruangan dengan pencahayaan yang baik serta mengatur kecepatan kipas angin atau AC tidak terlalu kencang dan menghindari embusan angin ke arah wajah untuk mencegah mata kering.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x