Kompas TV regional berita daerah

Deklarasi Damai , 4 Mahasiswa Tetap Ditahan

Kompas.tv - 20 Oktober 2020, 12:52 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Polda Jawa Tengah  menggelar deklarasi damai yang diikuti oleh mahasiswa, buruh, dan LSM. Deklarasi damai ini dimaksudkan untuk mewujudkan iklim kondusif di Kota Semarang. Deklarasi damai yang dimotori Polda Jateng ini mengajak seluruh elemen mahaiswa, buruh, dan LSM,  untuk ikrar cinta damai dalam berunjuk rasa.

Sebelumnya, unjukrasa menolak Undang-Undang Cipta Kerja sempat diwarnai aksi anarkis yang beurjung penahanan terhadap empat mahasiswa oleh Mapolrestabes Semarang.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang ikut dalam deklarasi damai mengajak mahasiswa, buruh, maupun LSM, untuk berdiskusi tanpa melakukan tindakan anarki. Komitmen deklarasi damai ini dimaksudkan untuk menekan adanya gesekan antara massa dan aparat TNI, Polri, saat unjuk rasa berlangsung.

Sementara itu, meskipun setuju dan mendukung deklarasi damai, namun pihak mahasiswa meminta kepada aparat kepolisian untuk menangguhkan penahanan terhadap empat teman mereka yang ditahan oleh Polrestabes Semarang beberapa waktu lalu.

Namun upaya penangguhan penahanan yang diajukan oleh mahasiswa tersebut, ditolak oleh Kapolda karena keempat mahasiswa tersebut telah terbukti memenuhi unsur tindak pidana dalam aksi penolakan Undang-Undang Cipta Kerja beberapa waktu lalu.

Deklarasi damai yang melibatkan unsur pemerintah, Polri, TNI, akademisi, buruh, serta lembaga swadaya masyarakat ini diharapkan dapat memeberikan iklim sejuk di Jawa Tengah.

#DeklarasiDamai #PoldaJawaTengah #KotaSemarang

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.