Kompas TV regional berita daerah

Deklarasi Damai , 4 Mahasiswa Tetap Ditahan

Selasa, 20 Oktober 2020 | 12:52 WIB

SEMARANG, KOMPAS.TV - Polda Jawa Tengah  menggelar deklarasi damai yang diikuti oleh mahasiswa, buruh, dan LSM. Deklarasi damai ini dimaksudkan untuk mewujudkan iklim kondusif di Kota Semarang. Deklarasi damai yang dimotori Polda Jateng ini mengajak seluruh elemen mahaiswa, buruh, dan LSM,  untuk ikrar cinta damai dalam berunjuk rasa.

Sebelumnya, unjukrasa menolak Undang-Undang Cipta Kerja sempat diwarnai aksi anarkis yang beurjung penahanan terhadap empat mahasiswa oleh Mapolrestabes Semarang.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang ikut dalam deklarasi damai mengajak mahasiswa, buruh, maupun LSM, untuk berdiskusi tanpa melakukan tindakan anarki. Komitmen deklarasi damai ini dimaksudkan untuk menekan adanya gesekan antara massa dan aparat TNI, Polri, saat unjuk rasa berlangsung.

Sementara itu, meskipun setuju dan mendukung deklarasi damai, namun pihak mahasiswa meminta kepada aparat kepolisian untuk menangguhkan penahanan terhadap empat teman mereka yang ditahan oleh Polrestabes Semarang beberapa waktu lalu.

Namun upaya penangguhan penahanan yang diajukan oleh mahasiswa tersebut, ditolak oleh Kapolda karena keempat mahasiswa tersebut telah terbukti memenuhi unsur tindak pidana dalam aksi penolakan Undang-Undang Cipta Kerja beberapa waktu lalu.

Deklarasi damai yang melibatkan unsur pemerintah, Polri, TNI, akademisi, buruh, serta lembaga swadaya masyarakat ini diharapkan dapat memeberikan iklim sejuk di Jawa Tengah.

#DeklarasiDamai #PoldaJawaTengah #KotaSemarang

 

Editor : KompasTV Jateng



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:47
DEWAN PENGUPAH SEPAKAT UPAH MINIMUM KOTA MAGELANG NAIK JADI RP 1,9 JUTA   SATGAS PENANGANAN COVID-19 AJAK MASSA KERUMUNAN ACARA RIZIEQ SHIHAB SUKARELA TES USAP GRATIS DI PUSKESMAS DKI    KEPALA KUA TANAH ABANG SUKANA DICOPOT KARENA TIDAK JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN    GUBERNUR JATIM KHOFIFAH INDAR PARAWANSA MINTA SEKOLAH MATANGKAN TEKNIS BELAJAR TATAP MUKA 2021   KASATGAS PENANGANAN COVID-19 SEBUT KETERISIAN RUANG ICU DI BANTEN, JABAR, DAN JATENG LEBIH DARI 70 PERSEN   WAKIL MUI SESALKAN KERJA KERAS PENANGANAN COVID-19 DIHANCURKAN OLEH KERUMUNAN DALAM SEPEKAN TERAKHIR   MENKO BIDANG PEREKONOMIAN MENGATAKAN PENERIMA KARTU PRAKERJA MENCAPAI 5,9 JUTA ORANG   MENAG FACHRUL RAZI SEBUT ADA DUA CALON JEMAAH UMRAH GELOMBANG KE-4 YANG POSITIF COVID-19    KPU BANDUNG TEMUKAN 660 SURAT SUARA RUSAK   KPK LIBATKAN 8 PARTAI POLITIK UNTUK MENERAPKAN PENDIDIKAN ANTIKORUPSI BAGI POLITISI   MENDIKBUD BUKA SELEKSI PENGANGKATAN GURU HONORER JADI PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA    BAWASLU JATENG LANTIK 44.077 PENGAWAS TEMPAT PEMUNGUTAN SUARA UNTUK PILKADA   MENKUMHAM SEBUT PEMERINTAH USULKAN 10 RUU DALAM PROLEGNAS PRIORITAS 2021   KEMENAG USULKAN VAKSIN COVID-19 UNTUK JEMAAH HAJI BERDASARKAN REKOMENDASI PEMERINTAH ARAB SAUDI