Kompas TV video cerita indonesia

Lemak Nian! Mencoba Gurihnya Nasi Bakar Biru Palembang

Kompas.tv - 20 Oktober 2020, 15:32 WIB
Penulis : Aryo bimo

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Nasi bakar yang satu ini memiliki keunikan dan berbeda dari nasi bakar pada umumnya. Nasi bakar ini berwarna biru, menggunakan pewarna alami dari tumbuhan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan tak berbeda dengan bahan untuk membuat nasi bakar pada umumnya. Yang spesial, ada bunga telang yang digunakan sebagai pewarna alami untuk membuat nasi bakar menjadi warna biru.

Cara membuatnya; pertama bunga telang direbus hingga mendidih selama 15 menit, lalu air rebusan yang berwarna biru dimasukkan ke beras untuk dikukus.

Sambil menunggu matang, ayam suwir sebagai pelengkap ditumis sampai bumbu meresap. Setelah itu, keduanya dibalut daun pisang dan dibakar selama 5 menit.

Henni Martini selaku penjual mengatakan, nasi bakar berwarna biru ini banyak dipesan setiap minggunya. Selain memiliki cita rasa yang gurih, warnanya yang unik banyak menarik pelanggan.

Nasi bakar biru buatan Henni ini untuk sementara baru dapat dipesan secara daring melalui media sosial. 

Satu porsi nasi bakar biru dijual dengan harga Rp 15.000,- dan sudah lengkap dengan aneka lauk seperti ayam, telur, tahu. dan tempe yang menggugah selera.

Selama proses pembuatannya, Henni juga memastikan bahwa protokol kesehatan selama pandemi tetap dilakukan. Yakni tetap menggunakan masker, mencuci tangan, dan memakai sarung tangan untuk menjaga kualitas kebersihan makanan. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.