Kompas TV klik360 cerita indonesia

Lemak Nian! Mencoba Gurihnya Nasi Bakar Biru Palembang

Selasa, 20 Oktober 2020 | 15:32 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Nasi bakar yang satu ini memiliki keunikan dan berbeda dari nasi bakar pada umumnya. Nasi bakar ini berwarna biru, menggunakan pewarna alami dari tumbuhan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan tak berbeda dengan bahan untuk membuat nasi bakar pada umumnya. Yang spesial, ada bunga telang yang digunakan sebagai pewarna alami untuk membuat nasi bakar menjadi warna biru.

Cara membuatnya; pertama bunga telang direbus hingga mendidih selama 15 menit, lalu air rebusan yang berwarna biru dimasukkan ke beras untuk dikukus.

Sambil menunggu matang, ayam suwir sebagai pelengkap ditumis sampai bumbu meresap. Setelah itu, keduanya dibalut daun pisang dan dibakar selama 5 menit.

Henni Martini selaku penjual mengatakan, nasi bakar berwarna biru ini banyak dipesan setiap minggunya. Selain memiliki cita rasa yang gurih, warnanya yang unik banyak menarik pelanggan.

Nasi bakar biru buatan Henni ini untuk sementara baru dapat dipesan secara daring melalui media sosial. 

Satu porsi nasi bakar biru dijual dengan harga Rp 15.000,- dan sudah lengkap dengan aneka lauk seperti ayam, telur, tahu. dan tempe yang menggugah selera.

Selama proses pembuatannya, Henni juga memastikan bahwa protokol kesehatan selama pandemi tetap dilakukan. Yakni tetap menggunakan masker, mencuci tangan, dan memakai sarung tangan untuk menjaga kualitas kebersihan makanan. 

Editor : aryo bimo



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:59
MENKOMINFO MINTA PEMBLOKIRAN BERITA BOHONG DI RUANG DIGITAL JANGAN DIARTIKAN ANTIDEMOKRASI   BRIGJEN TNI AGUS SUBIYANTO JABAT KOMANDAN PASPAMPRES GANTIKAN MAYJEN TNI MARULI SIMANJUNTAK   KEMENPAN RB: SELEKSI PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA BISA DIIKUTI GURU HONORER BERUSIA 20-59 TAHUN   KEMENPAN RB MENCATAT 174.077 FORMASI GURU DIUSULKAN PEMDA JADI PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA   MENDIKBUD MINTA PEMDA AJUKAN SEBANYAK MUNGKIN GURU HONORER UNTUK JADI PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA   WALI KOTA BIMA ARYA SUGIARTO MINTA TENAGA PENGAJAR DITES USAP SEBELUM KEGIATAN BELAJAR-MENGAJAR TATAP MUKA DIMULAI   MENDAGRI TITO KARNAVIAN MINTA PEMILIH PILKADA BERSTATUS KOMORBID & LANSIA DIBERI PERLAKUAN KHUSUS   MENDAGRI TITO KARNAVIAN MINTA KPU DAERAH SEGERA GELAR SIMULASI PEMUNGUTAN SUARA PILKADA   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA MENJAWAB 46 PERTANYAAN SOAL KERUMUNAN DI ACARA RIZIEQ SHIHAB    WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA DIPERIKSA POLRI 8 JAM UNTUK KLARIFIKASI KERUMUNAN DI ACARA RIZIEQ SHIHAB   DANKOOPSSUS TNI: SEBAGAI KOMPONEN PERTAHANAN NEGARA, TIDAK AKAN BIARKAN AKSI TERORISME MENGHANTUI   KOMANDO OPERASI KHUSUS TNI GELAR LATIHAN PENANGGULANGAN TEROR DALAM RANGKA PENGAMANAN VVIP TA 2020    PANGDAM JAYA MAYJEN DUDUNG ABDURACHMAN ANCAM TANGKAP ORANG YANG PASANG LAGI SPANDUK RIZIEQ SHIHAB   PANGDAM JAYA MAYJEN DUDUNG ABDURACHMAN TEGASKAN PENURUNAN SPANDUK RIZIEQ SHIHAB SESUAI PROSEDUR