Kompas TV nasional aiman

Ada Massa Bayaran Dibalik Demo Buruh Tolak UU Cipta Kerja - AIMAN (Bag 2)

Kompas.tv - 20 Oktober 2020, 01:04 WIB
Penulis : Yudho Priambodo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengesahan Undang-Undang Cipta Kerja oleh DPR pada 5 Oktober lalu, direspons dengan unjuk rasa masif di sejumlah daerah di Indonesia. Hal ini dipicu adanya penolakan terhadap beberapa pasal di UU Cipta Kerja yang telah disahkan. Salah satunya terkait uang pesangon dan penghapusan pasal mengenai perjanjian kerja waktu tertentu. 

Hal ini lantas menimbulkan pro dan kontra, termasuk di dalamnya gelombang unjuk rasa di berbagai daerah yang berakhir ricuh. Mirisnya, ada pola yang berulang. Adanya pendemo yang masih berusia pelajar dan ditemukannya massa pendemo bayaran. Serta adanya ambulans yang diduga membawa pasokan amunisi berupa batu untuk membuat keonaran saat unjuk rasa berlangsung. 

Benarkah ada orkestrasi saat demonstrasi berlangsung? Siapakah dalang di balik aksi ini? 

Jurnalis KompasTV Aiman Witjaksono menelusuri sisa aksi demonstrasi di Halte Bus Transjakarta Bunderan HI, Jakarta Pusat. Aiman juga mencari tahu adakah benang merah terkait pola berulang dalam aksi unjuk rasa yang berakhir ricuh dan akankah pola ini akan terjadi kembali di masa mendatang?  



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.