Kompas TV regional berita daerah

Cegah Penyebaran Covid-19, Siswa Ciptakan Aplikasi E-Voting

Kompas.tv - 19 Oktober 2020, 15:09 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

GROBOGAN, KOMPAS.TV - Untuk mencegah kerumunan di masa pandemi Covid-19, siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Grobogan, Jawa Tengah, memiliki solusi untuk pemilihan ketua OSIS dengan sistem e-voting, yang aplikasinya dibuat sendiri oleh dua orang siswa.

Selain untuk mencegah penyebaran Covid-19, pemilihan ketua OSIS dengan sistem e-voting dinilai lebih efektif. Untuk menggunakan hak pilih, siswa cukup membuka link aplikasi yang sudah diterima. Para siswa yang memilih kemudian mengetik nama dan menentukan pasangan calon yang dipilih pada kolom yang disediakan di aplikasi e-voting.

Akbar Rizki Hidayat ketua panitia pemilihan OSIS menjelaskan, Pilketos online baru pertama kali kegiatan di OSIS kami tahun ini.

"Aplikasi e-voting, kami membuatnya menggunakan google drive terlebih dahulu setelah itu kami buat rangkaiannya,seperti gambar atau pamflet paslon, lalu kami isi dengan nama,kelas dan nomer dari paslon tersebut. Setelah itu kami buat link dari pemilihan tersebut, lalu kami bagika kepada wali kelas masing-masing."

Menurut pihak sekolah e-voting ini dinilai cukup efektif sebagai pengganti kotak suara sebagaimana pemilihan pada umumnya. Terlebih di masa pandemi Covid-19 saat ini, pemilihan ketua OSIS tetap bisa dilakukan meski secara online.

Kepala MAN 1 Grobogan Suprapto mengatakan, di masa pandemi sekalipun aktivitas pemilihan ketua OSIS dan berbagai organisasi yang lain tidak terganggu, yaitu dengan cara menggunakan e-voting, aplikasi yang dikerjakan oleh siswa sendiri.

Kedua siswa dari Madarasah Aliyah Negeri 1 Grobogan, Jawa Tengah, berhasil melakukan pemilihan ketua OSIS di sekolah. Solusi pemilihan ketua OSIS secara e-voting ini juga dimungkinkan dilakukan pada pemilihan kepala daerah di masa pandemi Covid-19.

#PemilihanKetuaOsis #E-Voting #MAN1Grobogan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x