Kompas TV regional berita daerah

Unjuk Rasa, Sejumlah Mahasiswa Dirawat Akibat Gas Air Mata

Kompas.tv - 19 Oktober 2020, 14:27 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PURWOKERTO, KOMPAS.TV - Sejumlah mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto dirawat di rumah sakit usai mengikuti unjuk rasa Undang-Undang Cipta Kerja di Alun-alun Kota Purwokerto, pada Kamis 15 Oktober 2020.

Dari beberapa mahasiswa yang dirawat, empat diantaranya menderita sakit mata dan sesak nafas akibat semprotan gas air mata. Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Anjar Nugroho menjenguk langsung mahasiswanya yang terbaring di rumah sakit. Anjar menyanyangkan kejadian tersebut karena menurutnya mahasiswa terluka pada saat para pengunjuk rasa sedang mundur.

Sementara itu, pihak kepolisian menyatakan tidak melakukan kekerasan terhadap para pengunjuk rasa dan hanya melakukan langkah-langkah yang sesuai dengan prosedur.

Anjar Nugroho Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto mengatakan, sebetulnya kalo menurut cerita dari teman-teman mahasiswa yang aksi, mahasiswa sudah mengikuti himbauan dari pihak aparat untuk mundur secara tertib, ketika proses mundur itu justru kemudian dari pihak aparat malah melakukan penyerangan, termasuk dengan menyemprotkan gas air mata itu. 

"Ini saya kira yang perlu disayangkan karena niat baik teman-teman untuk melakukan aksi secara damai, baik-baik, kemudian mundur sesuai dengan apa yang telah dihimbaukan, tetapi kemudian ketika proses mundur itulah terjadi penyerangan"

Kapolresta Banyumas Kombes Polisi Whisnu Caraka menjelaskan, kami dalam melaksanakan pembubaran tidak melakukan hal-hal yang diluar protap, pembubaran itu kitapun tidak menyentuh mereka, kitapun tidak melaksanakan pemukulan, akan tetapi hanya melemparkan serangan gas air mata saja dengan semprotan, itu yang kita lakukan, sehingga mereka bubar.

Sebelumnya Kamis 15 Oktober 2020, unjuk rasa penolakan Undang-Undang Cipta Kerja di Purwokerto berlangsung di alun-alun kota hingga malam hari.

#UUCiptaKerja #UnjukRasa #Mahasiswa

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.