Kompas TV nasional peristiwa

Pengakuan Kades soal Warga Lihat Terpidana Cai Changpan Sebelum Tewas: ke Sini Lewat Hutan

Kompas.tv - 19 Oktober 2020, 11:32 WIB
pengakuan-kades-soal-warga-lihat-terpidana-cai-changpan-sebelum-tewas-ke-sini-lewat-hutan
Terpidana mati Cai Changpan aliasi Cai Ji Fan alias Antoni ditemukan tewas gantung diri. Cai Changpan merupakan napi yang kabur dari Lapas Klas I Tangerang pada 14 September 2020. (Sumber: dok. Dttipidnarkoba Bareskrim Polri)
Penulis : Fadhilah

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.TV - Polisi akhirnya menemukan Antoni alias Cai Changpan di gudang pembakaran ban di Kampung Cikidung, Desa Koleang, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Dia ditemukan dalam keadaan tewas pada Sabtu (17/10/2020) sekitar pukul 10.30 WIB. Polisi menyebutkan, pria asal Tiongkok itu bunuh diri.

Cai Changpan sendiri merupakan terpidana mati kasus narkoba yang kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Kota Tangerang, Banten.

Baca Juga: Ditemukan Bunuh Diri Setelah Kabur dari Penjara, Jenazah Cai Changpan Diotopsi di RS Polri

Penemuan Cai Changpan

Kepala Desa (Kades) Koleang Abdul Rohman menceritakan detik-detik penemuan narapidana kasus narkoba yang kabur dari Lapas Kelas 1 Tangerang itu.

Menurut Abdul, lokasi penemuan jenazah Cai Changpan berada dua kilometer dari jalur utama jalan raya.

Kondisi jalan berupa tanah merah belum beraspal yang dikelilingi hutan. Lokasi itu jauh dari permukiman warga.

Warga Desa Koleang sempat kaget dengan kedatangan mobil ambulans pada Sabtu siang itu.

"Memang di situ ada jalan kabupaten yang sudah jelek rusak. Masuknya perbatasan desa, hutan. Jadi kemarin itu tiba-tiba saja ada ambulans datang ke sini," kata Abdul dikutip dari Kompas.com, Sabtu (17/10/2020).

Abdul langsung menuju lokasi memastikan kedatangan ambulans itu.

Baca Juga: Polisi Dalami Motif Cai Changpan Bunuh Diri

Ambulans untuk mengevakuasi Cai Changpan yang ditemukan tak bernyawa di gudang pembakaran ban Kampung Cikidung, Desa Koleang, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (17/10/2020). (Sumber: KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN)

Evakuasi Jenazah

Tiba di lokasi, jenazah Cai Changpan telah dievakuasi ke mobil ambulans. Karena tak bisa masuk, ia hanya bisa menyaksikan proses penggeledahan dan evakuasi jenazah dari jauh.

Abdul juga melihat seorang satpam yang disebut sebagai saksi dibawa polisi. Satpam itu, kata dia, merupakan warga Desa Koleang.

Warga itu bekerja sebagai satpam di pabrik pembakaran ban itu. Meski pabrik itu telah tutup sejak beberapa bulan lalu, satpam itu masih sering berada di sana.

"Satpam ini kebetulan punya peliharaan ayam, kandang ayam di sana. Jadi pas dibawanya ke TKP kebetulan ada dia," ungkap Abdul.

Ia berharap satpam itu tak terlibat dengan masalah itu. "Semoga saja dia enggak terlibat dengan masalah ini, dia asli warga desa sini," kata dia.

Baca Juga: Alasan Jenazah Cai Changpan Diautopsi

Warga Pernah Lihat Cai Changpan

Polisi sempat kerepotan mengungkap kasus pelarian Cai Changpan dari Lapas Kelas 1 Tangerang.

Cai Changpan disebut bersembunyi di hutan yang terletak antara Tenjo dan Jasinga.

Sejak itu, polisi menyisir setiap desa menggunakan anjing pelacak. Setidaknya ada empat desa yang disisir di Jasinga, yakni Desa Pangaud, Barengkok, Bagoang, Setu, dan Koleang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x