Kompas TV regional berita daerah

Muhammadiyah Netral Dalam Pilkada 2020

Senin, 19 Oktober 2020 | 08:41 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Meski mendeklarasikan diri tetap netral pada pilkada serentak 2020, Muhammadiyah membolehkan anggotanya untuk jadi tim sukses pada pilkada serentak 2020. Setiap jelang perhelatan pemilu selalu terjadi tarik menarik kepentingan di beberapa kelompok masyarakat, hal ini juga terjadi di ormas Muhammadiyah.

 

Tafsir, ketua pimpinan wilayah Muhammadiyah, Jawa Tengah, dinilai sebagai hal yang wajar, termasuk banyaknya anggota ormas ini tergabung menjadi tim sukses pada beberapa paslon yang ada di Jawa Tengah pada pilkada serentak 2020.

 

Meski secara kelembagaan Muhammadiyah netral, namun Muhammadiyah tidak melarang jika para anggotanya terjun dalam politik praktis baik sebagai paslon maupun tim sukses, pada pilkada 2020 ini.

 

Tafsir menambahkan, sebagai perorangan, anggota Muhammadiyah diharapkan bersikap netralitas yang aktif bukan netralitas pasif. Yaitu mengambil segala peluang posisi dalam politik untuk kepentingan memperlancar aktivitas dakwah dan kemaslahatan umat.

Editor : KompasTV Pekalongan



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:10
JUMLAH KASUS KORONA DI DUNIA: 42.522.402 POSITIF, 28.691.126 SEMBUH, 1.148.490 MENINGGAL DUNIA   KEMENDAG DORONG EKSPOR PRODUK HALAL KE NEGARA YANG TAK TERGABUNG DALAM ORGANISASI KERJA SAMA ISLAM (OKI)   WAPRES MA'RUF AMIN SEBUT PERKEMBANGAN INDUSTRI HALAL HARUS SEIRING DENGAN KEBIJAKAN PRO-UMKM   POLISI TETAPKAN 11 TERSANGKA PERUSAK KANTOR DPD NASDEM MAKASSAR SAAT DEMO TOLAK UU CIPTA KERJA   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO SEBUT ADA KEPALA DAERAH SENGAJA TIDAK TES KORONA AGAR TETAP DI ZONA HIJAU   DISHUB JATENG: POSKO PANTAU AKAN DIDIRIKAN DI EXIT TOL BREBES, GERBANG TOL KALIKANGKUNG, DAN SIMPANG BAWEN-AMBARAWA   ANTISIPASI LONJAKAN PENDATANG SAAT LIBUR PANJANG AKHIR OKTOBER, DISHUB JATENG BUAT 3 POSKO PANTAU   PANTAU WARGA JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN, BUPATI SUMEDANG PASANG CCTV PEMANTAU DI 5 TITIK KERAMAIAN   GUBERNUR DKI JAKARTA ANIES BASWEDAN SEBUT TRANSAKSI DIGITAL MENINGKAT HINGGA 64% SELAMA PSBB   SELAMA PANDEMI, GUBERNUR DKI JAKARTA ANIES BASWEDAN SEBUT 1 JUTA ORANG DI JAKARTA BEKERJA DARI RUMAH   CEGAH PENYEBARAN COVID-19, BUPATI LEBAK TUTUP SELURUH LOKASI WISATA SAAT LIBUR PANJANG AKHIR OKTOBER   KEMENPERIN: HALAL BUKAN KARENA MASALAH AGAMA TAPI SEKARANG MENJADI BAGIAN FESYEN   KEMENPERIN MEYAKINI PASAR INDUSTRI HALAL NASIONAL TERUS BERKEMBANG DAN JADI GAYA HIDUP MASYARAKAT   JELANG LIBUR PANJANG, ANGKASA PURA II ANTISIPASI LONJAKAN PENUMPANG DI BANDARA SOEKARNO-HATTA