Kompas TV internasional kompas dunia

Rakyat Prancis Nyalakan Lilin Bagi Korban Pemenggalan Teroris

Minggu, 18 Oktober 2020 | 21:12 WIB
rakyat-prancis-nyalakan-lilin-bagi-korban-pemenggalan-teroris
Warga Prancis menyalakan lilin di Paris, Minggu (18/10) sebagai tanda duka cita atas pemenggalan seorang guru sejarah usai mendiskusikan karikatur Nabi Muhammad di kelasnya, (Sumber: AP Photo)

 

PARIS, KOMPAS.TV – Menyusul pemenggalan seorang guru sejarah di Paris setelah mendiskusikan karikatur Nabi Muhammad di kelasnya, rakyat Prancis ambil bagian dalam demonstrasi mendukung kebebasan berbicara, Minggu (18/10). Mereka meletakkan karangan bunga dan menyalakan lilin tanda duka cita.

Samuel Paty, sang guru sejarah, dipenggal pada Jumat (16/10) oleh pemuda berusia 18 tahun asal Chechnya kelahiran Moskow yang segera ditembak mati oleh polisi.     

Baca Juga: Detik-Detik Penyerangan terhadap Guru hingga Dipenggal di Perancis

Para pemimpin politik, juga warga, berdemonstrasi di Place de la Republique di Paris, Prancis sambil memegang tulisan berbunyi “Saya Samuel”. Ini mengingatkan akan serangan serupa terhadap para awak Charlie Hebdo pada 2015 silam, usai koran satir ini mempublikasikan karikatur Nabi Muhammad.

Warga Prancis juga menggelar demonstrasi serupa di kota-kota besar lain seperti Lyon, Toulouse, Strasbourg, Nantes, Marseille, Lille dan Bordeaux.

Rakyat Prancis meletakkan karangan bunga sebagai tanda duka cita di Paris, Minggu (18/10) menyusul kasus pemenggalan seorang guru sejarah usai mendiskusikan karikatur Nabi Muhammad di kelasnya. (Sumber: AP Photo)

Sementara itu, kepolisian Prancis telah menangkap 11 orang yang diduga terkait pemenggalan tersebut. Empat orang di antaranya memiliki hubungan keluarga dengan pelaku, pengungsi Chechnya yang telah mendapatkan izin tinggal di Prancis selama 10 tahun sejak Maret silam. Saudara perempuan pelaku disebut-sebut bergabung dengan kelompok Islam di Suriah sejak 2014.

Editor : Vyara Lestari

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:17
JUMLAH KASUS KORONA DI DUNIA: 42.522.402 POSITIF, 28.691.126 SEMBUH, 1.148.490 MENINGGAL DUNIA   KEMENDAG DORONG EKSPOR PRODUK HALAL KE NEGARA YANG TAK TERGABUNG DALAM ORGANISASI KERJA SAMA ISLAM (OKI)   WAPRES MA'RUF AMIN SEBUT PERKEMBANGAN INDUSTRI HALAL HARUS SEIRING DENGAN KEBIJAKAN PRO-UMKM   POLISI TETAPKAN 11 TERSANGKA PERUSAK KANTOR DPD NASDEM MAKASSAR SAAT DEMO TOLAK UU CIPTA KERJA   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO SEBUT ADA KEPALA DAERAH SENGAJA TIDAK TES KORONA AGAR TETAP DI ZONA HIJAU   DISHUB JATENG: POSKO PANTAU AKAN DIDIRIKAN DI EXIT TOL BREBES, GERBANG TOL KALIKANGKUNG, DAN SIMPANG BAWEN-AMBARAWA   ANTISIPASI LONJAKAN PENDATANG SAAT LIBUR PANJANG AKHIR OKTOBER, DISHUB JATENG BUAT 3 POSKO PANTAU   PANTAU WARGA JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN, BUPATI SUMEDANG PASANG CCTV PEMANTAU DI 5 TITIK KERAMAIAN   GUBERNUR DKI JAKARTA ANIES BASWEDAN SEBUT TRANSAKSI DIGITAL MENINGKAT HINGGA 64% SELAMA PSBB   SELAMA PANDEMI, GUBERNUR DKI JAKARTA ANIES BASWEDAN SEBUT 1 JUTA ORANG DI JAKARTA BEKERJA DARI RUMAH   CEGAH PENYEBARAN COVID-19, BUPATI LEBAK TUTUP SELURUH LOKASI WISATA SAAT LIBUR PANJANG AKHIR OKTOBER   JELANG LIBUR PANJANG AKHIR OKTOBER, PEJABAT SEMENTARA GUBERNUR JAMBI MINTA POS JAGA PERBATASAN DIAKTIFKAN   PANDEMI KORONA, MENKO POLHUKAM MAHFUD MD TEGASKAN PENANGANAN KESEHATAN DAN EKONOMI HARUS BERSAMAAN   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD INGATKAN DOKTER SELALU MENGEDEPANKAN INDEPENDENSI DALAM BERTUGAS