Kompas TV regional berita daerah

Desa Pinge Suguhkan Keindahan Alam dan Budaya Bali

Minggu, 18 Oktober 2020 | 11:16 WIB

TABANAN, KOMPAS.TV - Desa Pinge merupakan kawasan desa wisata yang sudah hadir sejak 2004 silam. 

Mulai tahun 2016, desa ini menjadi salah satu kawasan wisata yang didukung oleh Indonesia Tourism Development Corporation atau ITDC. 

Dukungan tersebut melibatkan peningkatan pelayanan, pelatihan warga, serta pembangunan infrastruktur di kawasan ini.

Untuk mencapai desa di Kabupaten Tabanan ini, wisatawan bisa menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam dari bandara Internasional Ngurah Rai.

Dalam menyambut wisatawan setelah masa pandemi mereda nanti, Desa Pinge pun juga sudah mempersiapkan diri dengan mengikuti sejumlah protokol kesehatan yang ketat.

Dimulai dari protokol mencuci tangan dan pemeriksaan suhu saat memasuki kawasan atau setiap memulai kegiatan. Hingga proses disinfektikasi terhadap kamar-kamar yang disewakan.

Desa Pinge yang berarti putih dalam bahasa Bali ini menawarkan beragam aktivitas dengan nuansa pedesaan. Seperti latihan menari bersama penduduk desa ini misalnya.

Untuk bisa merasakan suasana asri di desa ini, kita bisa mengikuti aktivitas tracking yang akan membawa wisatawan berkeliling desa. 

Selama perjalanan, kita akan disuguhkan hamparan hijau dari sawah dan warna warni bunga pacar air serta gemitir.
 
Di ladang bunga ini, peserta juga dipersilahkan untuk ikut belajar memetik bunga bersama warga sekitar.  

Bunga tersebut nantinya akan dikumpulkan untuk dibuat canang yaitu persembahan kepada Tuhan yang Maha Esa.

Selain wisata budaya dan alam, pengunjung juga wajib untuk merasakan wisata sejarah di desa ini.

Berbekal dengan canang yang sudah dibuat, mengunjungi pura natar jeneng bisa menjadi destinasi penutup di kawasan ini.

Sambil memberi persembahan, kita juga bisa melihat berbagai koleksi benda purbakala di pura yang dibangun pada abad ke 14 ini. 

Beragam bentuk lingga dan yoni terpajang di atas pilar-pilar yang mengitari pura tersebut.
 


 

Editor : Merlion Gusti



BERITA LAINNYA


Peristiwa

Tabrak Pohon, Truk Terguling ke Sawah

Sabtu, 31 Oktober 2020 | 23:40 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
02:39
SEBANYAK 831 ORANG LUKA-LUKA DAN 28 LAINNYA TEWAS AKIBAT GEMPA BERMAGNITUDO 7 DI TURKI   SEBANYAK 51 ORANG DAN 2 LAINNYA TEWAS AKIBAT LEDAKAN PIPA GAS DI KOTA SAMAWAH, IRAK   PETENIS NOMOR DUA DUNIA, SIMONA HALEP, POSITIF TERINFEKSI KORONA   MANTAN AKTOR JAMES BOND, SEAN CONNERY, MENINGGAL DUNIA PADA USIA 90 TAHUN   PEBALAP LEWIS HAMILTON JADI YANG TERCEPAT PADA SESI LATIHAN BEBAS PERTAMA FORMULA 1 GRAND PRIX EMILIA ROMAGNA   RUSIA JANJI BANTU ARMENIA JIKA PERANG MELAWAN AZERBAIJAN SUDAH MENYENTUH YEREVAN   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD MINTA MASYARAKAT TAK ANARKISTIS TANGGAPI PERNYATAAN PRESIDEN PERANCIS   SLOVAKIA MULAI PENGUJIAN VIRUS KORONA SECARA MASSAL   SATGAS COVID-19 SUKABUMI: 31 WISATAWAN YANG SEDANG BERWISATA REAKTIF DARI HASIL TES CEPAT KORONA   SATGAS COVID-19: 739.722 SDM TENAGA KESEHATAN SUDAH DISIAPKAN UNTUK VAKSINASI KORONA   PEMPROV JABAR TETAPKAN UMP 2021 SAMA SEPERTI UMP 2020 SEBESAR RP 1.810.351   PEMKOT JAKSEL: HINGGA AKHIR OKTOBER 2020, VAKSINASI RABIES MENCAPAI 70% DARI TARGET 6.500 EKOR HEWAN PELIHARAAN   KEMENTERIAN PUPR: CAPAIAN PEMBANGUNAN PROGRAM SEJUTA RUMAH PER 26 OKTOBER 2020 SEBANYAK 532.254 UNIT   BNPB: TERHITUNG DARI 1 JANUARI-31 OKTOBER 2020, ADA 2.402 BENCANA DI INDONESIA