Kompas TV internasional kompas dunia

Mantan Menteri Pertahanan Mexico, Diduga Kuat Sebagai El Padrino atau Godfather Kelompok Narkotik

Kompas.tv - 18 Oktober 2020, 00:42 WIB
mantan-menteri-pertahanan-mexico-diduga-kuat-sebagai-el-padrino-atau-godfather-kelompok-narkotik
(Sumber: Foto Mantan Menteri Pertahanan Meksiko Salvador Cienfuegos (Kementerian Pertahanan Meksiko)
Penulis : Zaki Amrullah

MEXICO CITY,KOMPAS.TV – Jenderal Salvador Cienfuegos, mantan Menteri Pertahanan Meksiko 2012–2018,  yang kini ditahan di Los Angeles,  diduga Badan Antinarkotika Amerika Serikat sebagai  ‘El Padrino’ atau ‘the Godfather’ kelompok produsen dan penyelundup narkotika bernama H2 Meksiko.

Seperti dikutip dari the New York Times, agen penegak hukum Amerika mendengarkan ketika anggota kartel Meksiko mengobrol di penyadapan telepon, berbicara tentang sosok kuat misterius yang dikenal sebagai El Padrino, atau "The Godfather".

Agen-agen telah memantau selama berbulan-bulan, mencurigai bahwa tokoh sentral dalam perdagangan narkoba ini adalah pejabat tinggi di militer Meksiko.

Tiba-tiba, salah satu orang yang diawasi memberi tahu sesama anggota kartelnya bahwa El Padrino kebetulan ada di televisi pada saat itu. Agen Amerika Serikat dengan cepat memeriksa untuk melihat siapa itu -dan melihat bahwa orang tersebut adalah sekretaris pertahanan Meksiko, Jenderal Salvador Cienfuegos.

Pada saat itu para penyidik akhirnya memastikan bahwa pelindung misterius dari salah satu kartel narkoba paling kejam di negara itu sebenarnya adalah pemimpin yang bertanggung jawab untuk melancarkan perang Meksiko melawan kejahatan terorganisir.

Dan pada Kamis malam Jenderal Cienfuegos ditahan oleh otoritas Amerika di bandara Los Angeles saat bepergian dengan keluarganya.

Temuan itu sekaligus menunjukan  seberapa dalam  kejahatan terorganisir yang terjadi di Meksiko. Bahkan bagi Meksiko, negara yang sering kali terbiasa dengan kekerasan dan korupsi berpuluh tahun, penangkapan itu sungguh luar biasa. 

Cienfuegos, menteri pertahanan Meksiko dari 2012 hingga 2018, didakwa dengan pencucian uang dan perdagangan heroin, kokain, metamfetamin, dan ganja dari akhir 2015 hingga awal 2017, menurut dakwaan yang disegel di Distrik Timur New York pada hari Jumat.

Tuduhan itu adalah hasil dari Operasi Padrino. Para pejabat mengatakan bahwa Jenderal Cienfuegos membantu kartel H-2, sebuah kelompok kriminal yang melakukan tindakan kekerasan mengerikan sebagai bagian dari bisnis penyelundupan narkoba, dengan pengiriman lautnya. Sebagai imbalan atas pembayaran yang menguntungkan, kata para pejabat, Jenderal Cienfuegos juga mengarahkan operasi militer menjauh dari kartel dan malah menyasar saingan kelompok tersebut.

Jenderal Salvador Cienfuegos Zepeda, yang ditahan beberapa saat setelah mendarat di bandara Los Angeles, adalah pejabat militer tingkat tinggi pertama dari Meksiko yang ditahan oleh otoritas Amerika Serikat dengan dugaan korupsi yang terkait dengan narkotika.

Mantan Menteri Pertahanan Meksiko Jenderal Salvador Cienfuegos Zepeda yang bertugas sebagai menteri pertahanan Meksiko tahun 2012 hingga 2018 ini ditahan atas permintaan Badan Anti Narkotika Amerika Serikat DEA. Seorang  pejabat penegakan hukum federal di New York seperti dikutip The New York Times mengatakan, Jenderal Cienfuegos Zepeda akan menghadapi tuduhan pencucian uang terkait narkotika.

Kabar penahanan pejabat tinggi militer ini bukan hanya membayangi perjuangan Meksiko melawan kejahatan terorganisir, namun juga menunjukkan hebatnya tekanan korupsi di Negara tersebut yang mencapai lingkaran tertinggi kekuasaan. Jenderal Cienfuegos bertugas sebagai Menteri Pertahanan pada pemerintahan Presiden Enrique Peña Nieto yang berakhir dua tahun lalu.

Penahanan ini juga menjadi pukulan telak bagi Meksiko, setelah 10 bulan sebelumnya seorang pejabat tinggi kantor penegak hukum Meksiko yang setara dengan FBI Amerika Serikat, didakwa di New York atas tuduhan menerima suap saat menjabat ,untuk melindungi kartel narkoba Sinaloa, salah satu mafia kriminal paling kuat di Meksiko.

Pejabat itu, Genaro García Luna, menjabat sebagai kepala Badan Investigasi Federal Meksiko dari 2001 hingga 2005, dan selama enam tahun berikutnya menjabat sebagai sekretaris keamanan publik Meksiko, sebuah posisi di dalam kabinet presiden Meksiko. Dalam perannya tersebut, dia memiliki tugas membantu presiden saat itu, Felipe Calderon, membuat strategi untuk melawan kartel narkoba di negara mereka.

Baik García Luna dan Jenderal Cienfuegos bertugas di lingkaran tertinggi pemerintah Meksiko pada saat pembunuhan melonjak ke tingkat bersejarah, kartel narkoba mengobarkan perang, dan di bawah Presiden Peña Nieto, operasi militer diperluas untuk narkoba.

Jika orang-orang itu akhirnya dihukum, itu berarti bahwa dua komandan berpangkat tertinggi dan paling dihormati yang pernah mengawasi perang melawan narkoba di Meksiko juga rusak oleh kejahatan terorganisir, melayani kartel yang terus membunuh rekor jumlah orang Meksiko.

“Tidak pernah ada menteri pertahanan di Meksiko yang ditangkap,” kata Jorge Castañeda, mantan menteri luar negeri Meksiko. “Menteri pertahanan di Meksiko adalah orang yang tidak hanya menjalankan ketentaraan dan merupakan seorang militer, tapi dia melapor langsung kepada presiden. Tidak ada orang di atasnya kecuali presiden. "

Militer Meksiko telah memainkan peran sentral dalam keamanan publik sejak tindakan keras terhadap kartel obat bius dimulai pada tahun 2006, mengerahkan tentara ke wilayah yang dikuasai oleh kejahatan terorganisir. Menteri pertahanan mengawasi upaya itu.

Penangkapan Jenderal Cienfuegos tampaknya bukan bagian dari operasi gabungan dengan pemerintah Meksiko. Kasus terhadap Tuan García Luna, pensiunan pejabat polisi, adalah akibat langsung dari kesaksian di pengadilan New York terhadap gembong narkoba Joaquín Guzmán Loera, lebih dikenal sebagai El Chapo, bos kartel Sinaloa. Tidak jelas pada Jumat pagi apakah penangkapan Jenderal Cienfuegos juga terkait dengan kasus terhadap Guzmán, yang dihukum pada Februari 2019 setelah persidangan tiga bulan di Pengadilan Distrik Federal di Brooklyn. (Edwin S Bimo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.