Kompas TV regional berita daerah

Apel Kesiapsiagaan Bencana Alam, Ratusan Petugas dan Relawan Disiagakan

Kompas.tv - 17 Oktober 2020, 12:02 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV – Pelaksana tugas Bupati Jember Jawa Timur, Abdul Muqit Arief mengikuti apel kesiapsiagaan bencana alam di Kodim 0824 Jember pada Jumat (16/10). Apel ini untuk meningkatkan kesiapsiagaan petugas gabungan dan pasukan relawan di musim penghujan.

Apel siaga bencana hidrometeorologi dihadiri pasukan relawan gabungan dari Basarnas, BPBD, TNI, Polri, PMI, Petugas Pemadam Kebakaran dan sejumlah Komunitas Rescue. Apel siaga ini ditekankan pada langkah antisipasi tanggap bencana hidrometeorologi serta penanggulangan pasca terjadi bencana.

Plt. Bupati Jember, Abdul Muqit Arief mengatakan pasukan relawan akan disiagakan dan diterjunkan di sejumlah titik rawan bencana, seperti banjir, tanah longsor, angin puting beliung, bencana tsunami dan kebakaran.

Mereka bertugas memberikan pertolongan pada korban bencana alam. Selama bertugas, mereka dilengkapi berbagai peralatan dan kendaraan penanggulangan bencana.

Kurang lebih ada 500 personel gabungan beserta ratusan relawan dan komunitas penyelamatan yang disiagakan. Kesiapansiagaan dilakukan untuk menghadapi musim penghujan dan ancaman badai tsunami di pesisir selatan jawa.

Selain mesiagakan pasukan, pemerintah juga mendirikan posko kedaruratan di 31 Kecamatan di seluruh Kabupaten Jember.

#KesiapsiagaanBencanaAlam #RelawanBencana #PemkabJember

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x