Kompas TV internasional kompas dunia

Mantan Korban Penculikan Desak Pemerintah Jepang Lakukan Negosiasi Strategis dengan Korut

Jumat, 16 Oktober 2020 | 21:26 WIB
mantan-korban-penculikan-desak-pemerintah-jepang-lakukan-negosiasi-strategis-dengan-korut
Shigeru dan Sakie Yokota menujukan foto Megumi Yokota, korban penculikan oleh agen Korea Utara. Pasangan lansia ini puluhan tahun berusaha mencari Megumi Yokota. (Sumber: AFP via Kompas.com)

KOMPAS.TV - Masalah warga negara Jepang yang diculik pihak intelijen Korea Utara (Korut) antara akhir tahun 1970-an hingga awal tahun 1980-an masih menjadi ganjalan bagi hubungan kedua negara.

Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga berjanji terus berusaha menyelamatkan korban penculikan di Korut.

Dalam sebuah wawancara, Hasuike Kaoru, salah seorang korban penculikan yang menghabiskan lebih dari dua dekade di Korut setelah diculik, meminta agar pemerintah Jepang berhati-hati menganalisis keadaan di sekitar Pyongyang dan terlibat dalam negosiasi strategis dengan Korut.

Baca Juga: Kim Jong Un Pamer Rudal dan Senjata Baru di Parade Militer Korea Utara

Hasuike dan istrinya, diculik agen Korut dari Prefektur Niigata di pantai Laut Jepang pada tahun 1978. Hasuike bersama tiga korban penculikan lainnya, dipulangkan pada 15 Oktober 2002.

Seiring berjalannya waktu, ia menjadi semakin marah dan kecewa dengan kondisi para korban penculikan yang masih belum bisa kembali. 

"Mereka pasti merasa terpojok karena mereka menderita masa depan yang tak terduga dan penderitaan yang tak tertahankan", ujar Hasuike Kaoru dalam sebuah wawancara, seperti dikutip dari NHK, Jumat (16/10/2020).

Penulis : Johannes Mangihot





BERITA LAINNYA


Film

Mulai 21 April 2021, CGV Putar Film Minari

Sabtu, 17 April 2021 | 16:13 WIB
Berita Daerah

Cuaca Buruk Nelayan Takut Melaut

Sabtu, 17 April 2021 | 15:53 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
16:18
SPANYOL TAWARKAN STADION LA CARTUJA, KANDANG SEVILLA, SEBAGAI ALTERNATIF PENYELENGGARAAN EURO 2020   UEFA TUNGGU KEPASTIAN 3 KOTA YAKNI BILBAO, MUENCHEN, DAN DUBLIN SOAL PENYELENGGARAAN EURO 2020   ITALIA IZINKAN KEHADIRAN HINGGA 1.000 PENONTON PADA KEGIATAN-KEGIATAN YANG DIGELAR DI LUAR RUANGAN MULAI 1 MEI 2021   OLIMPIADE TOKYO TERANCAM DITUNDA BAHKAN DIBATALKAN JIKA KASUS COVID-19 DI JEPANG TERUS MENINGKAT JELANG PEMBUKAAN   RUSIA BAKAL MENGUSIR 10 DIPLOMAT AS DARI NEGARANYA ATAS TINDAKAN AS YANG MENGUSIR 10 DIPLOMAT RUSIA LEBIH DULU   NATO KEBERATAN ATAS RENCANA RUSIA UNTUK BLOKIR SEBAGIAN LAUT HITAM BAGI PELAYARAN MILITER DAN NEGARA-NEGARA ASING   NASA TELAH MEMILIH ROKET STARSHIP BUATAN SPACEX UNTUK KEMBALI MENDARATKAN ASTRONOT DI BULAN   PEMPROV NTT MINTA LIPI LAKUKAN RISET ATAS MUNCULNYA PULAU BARU DI ROTE NDAO PASCABADAI SEROJA   DINKES TULUNGAGUNG, JATIM, TEMUKAN MAKANAN-MINUMAN TAKJIL MENGANDUNG BAHAN BERBAHAYA DI PASAR RAMADAN   MULAI 29 APRIL 2021, LAYANAN TES GENOSE TERSEDIA DI BANDARA ADI SOEMARMO BOYOLALI, TARIF RP 40.000 PER ORANG   BPOM: DIHARAPKAN VAKSIN MERAH PUTIH BISA DIPRODUKSI MASSAL PADA AWAL 2022   BPOM: UJI KLINIS VAKSIN NUSANTARA BELUM BISA DILANJUTKAN KE FASE KEDUA   KOMISI IX DPR AKAN PANGGIL BPOM YANG MASIH MENGIZINKAN VAKSIN ASTRAZENECA UNTUK DIGUNAKAN DI INDONESIA   RIDWAN ARBIAN SYAH JADI DIREKTUR SDM PEGADAIAN GANTIKAN MOHAMMAD EDI ISDWIARTO