Kompas TV regional berita daerah

Siswa SMA 20 Makassar Mengubah Tuak Ballo Lebih Bermanfaat

Kompas.tv - 16 Oktober 2020, 16:08 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - SMA Negeri 20 makassar melakukan inovasi dengan membuat minuman segar anti bodi dan juga parfum. Bahan utama yang digunakan berasal dari minuman beralkohol tradisional khas sulawesi selatan yakni ballo.

Untuk membuat parfum dari ballo, siswa SMA Negeri 20 hanya menyiapkan ballo dari pohon tala atau lontar yang sudah difermentasi lalu dimasak hingga mengeluarkan uap. uap inilah yang kemudian diambil dan dicampur dengan bahan kimia lain yakni bibit parfum.

Sementara untuk menjadikan minuman segar anti bodi, ballo yang difermentasi dimasak kemudian dicampur dengan gula aren dan juga jahe.

"Meski ballo dijadikan parfum dan juga minuman segar anti bodi , namun inovasi ini , masih akan terus dilakukan pengembangan lebih lanjut" ungkap hajrah hasani, mahasiswa kkn universitas negeri makassar.


minuman tradisional beralkohol khas sulawesi selatan ballo diubah menjadi parfum dan juga minuman segar anti bodi oleh sejumlah siswa sma negeri 20 makassar bersama mahasiswa dari universitas negeri makassar.

inovasi ballo menjadi parfum dan juga minuman segar anti bodi ini dianggap sangat bermanfaat ketimbang hanya untuk sebagai minuman yang membuat mabuk dan dapat berimplikasi kepada hal negatif atau tindak kriminal. tegas Mirdan Midding  Kepala Sekolah Sma Negeri 20 Makassar

#PARFUM
#TUAKTRADISIONAL
#ANTIBODY



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x