Kompas TV regional berita daerah

Rumah Sakit Diduga Menggelembungkan Data Pasien Covid-19

Kompas.tv - 16 Oktober 2020, 10:13 WIB
Penulis : KompasTV Jember

SIDAORJO, KOMPAS.TV - Sejumlah rumas sakit rujukan pasien covid-19 di Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur diduga menggelembungkan data pasien covid-19. Pihak dinas kesehatan setempat telah melayangkan surat teguran untuk merubah data.

Temuan dugaan penggelembungan data pasien covid-19 tersebar di 11 rumah sakit rujukan di Sidoarjo dan juga luar Sidoarjo. Temuan ini terungkap saat jajaran forkopimda berkunjung ke RSUD kabupaten setempat.

Kapolresta Sidoarjo Kombespol Sumardji mempertanyakan banyaknya pasien meninggal karena covid-19. Kapolresta juga mempertanyakan pasien covid 19 dari luar Sidoarjo yang dimasukkan dalam pasien asal Sidoarjo. Selain itu ditemukan selisih data antara rumah sakit dan kepolisian, yakni selisih sekitar 200 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo, Syaf Satriawarman mengaku ada kekeliruan pembaharuan data pasien sembuh. Namun Kepala Dinas Kesehatan mengungkapkan adanya penggelembungan data pasien di 3 rumah sakit.

Pasien yang melakukan isolasi mandiri di rumah dimasukkan ke dalam perawatan intensif di rumah sakit. Pihak dinas kesehatan telah melayangkan surat teguran secara resmi kepada 3 rumah sakit tersebut agar segera memperbaiki data mereka.

#DataPasienCovid19 #RumahSakit #PenggelembunganDataCovid19

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x