Kompas TV regional berita daerah

Warga Besipae Kontak Fisik Dengan Petugas

Kompas.tv - 15 Oktober 2020, 20:36 WIB
Penulis : KompasTV Kupang

KUPANG, KOMPAS.TV - Bentrokan antar warga Pubabu Besipae dengan aparat Pemerintah Provinsi NTT kembali terjadi Rabu kemarin saat para petugas mendatangi lokasi untuk menyiapkan lahan jelang musim tanam 2021.

Dalam video yang diperoleh, sejumlah wanita terjatuh akibat terjadinya kontak fisik antara warga dengan aparat Pemerintah Provinsi NTT di lokasi lahan Besipae, Kecamatan Amanuban Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Warga yang didominasi kaum wanita terlihat memprotes aparat pemerintah yang turun ke lokasi. Sesuai informasi yang diperoleh, warga menolak kehadiran aparat pemerintah di lokasi lahan yang sedang disengketakan karena masih menunggu adanya hasil rekomendasi Komnas HAM terkait kasus sebelumnya.

Namun menurut Pemerintah NTT,  para petugas yang datang di lokasi diserang terlebih dahulu oleh warga, sehingga ada petugas yang melerai tindakan warga hingga ada wanita yang terjatuh.

Terkait aksi penyerangan oleh warga terhadap salah satu aparat wanita yang sedang merekam kejadian, Pemerintah NTT telah melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Amanuban Selatan untuk diproses hukum.

Sementara itu, kuasa hukum warga Besipae meminta pemerintah untuk tidak melakukan aktivitas di atas lahan Besipae sambil menunggu keluarnya rekomendasi Komnas HAM atas kejadian sebelumnya, terkait sengketa lahan Besipae.

#konflik #konfliklahan #besipaememanas



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x