Kompas TV regional berita daerah

Kecelakaan Perlintasan Tinggi, PT KAI Turun Jalan

Kompas.tv - 15 Oktober 2020, 17:52 WIB
Penulis : KompasTV Surabaya

Surabaya, KompasTV Jawa Timur - PT Kereta Api Indonesia Daop 8 Surabaya, bersama Dinas Perhubungan Jawa Timur dan kota Surabaya, serta Komunitas Pecinta Kereta Api, gelar sosialisasi keselamatan di perlintasan jalan Ahmad Yani, Surabaya.

Aksi ini dilakukan dengan membentangkan spanduk, membagikan masker, bunga, serta membagikan pamflet yang berisi peraturan serta tata cara berkendara saat melintasi perlintasan sebidang rel kereta api.

Executive Vice President PT KAI Daop 8 Surabaya, Fredi Firmansyah, menjelaskan angka kecelakaan lalu lintas di perlintasan sebidang rel kereta api di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya menunjukkan peningkatan. Peningkatan terus terjadi dari tahun ke tahun. Pada tahun 2016 terjadi 30 kasus, pada tahun 2017 terjadi 47 kasus, tahun 2018 terjadi 51 kasus dan tahun 2019 terjadi 53 kasus.

Sedangkan, untuk tahun 2020 pada periode Januari hingga September 2020 telah terjadi 22 kasus kecelakaan di perlintasan sebidang.

Sosialisasi keselamatan ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menaati aturan lalu lintas di perlintasan sebidang.

“disini kami sosialisasi keselamatan di perlintasan. Kalau kami lihat datanya (kecelakaan) ini naik. Kami mengantisipasi, dengan melakukan sosialisasi ini. Kami rasa ini salah satu cara yang efektif.” Jelas Executive Vice President PT KAI Daop 8 Surabaya, Fredi Firmansyah.

Perlintasan sebidang merupakan perpotongan antara jalur kereta api dan jalan raya, yang dibuat sebidang. Masih banyaknya kecelakaan di perlintasan sebidang dikarenakan meningkatnya mobilitas masyarakat pengguna kendaraan yang harus melintas atau perpotongan langsung dengan jalan kereta api.

Hal ini yang menjadikan perlintasan sebidang, sebagai salah satu titik rawan kecelakaan.

 

#Surabaya #Jatim #PTKAI #Daops8 #Kecelakaan #Sosialisasi

MEDIA SOSIAL KOMPAS TV JAWA TIMUR :

facebook : https://www.facebook.com/kompastvjatim

instagram : https://www.instagram.com/kompastvjatim

twitter : https://twitter.com/kompastvjatim 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x