Kompas TV regional berita daerah

Susah Sinyal, Siswa Ini Pilih Belajar Online di Pinggir Jalan

Kompas.tv - 13 Oktober 2020, 16:00 WIB
Penulis : Reny Mardika

PALOPO, KOMPAS.TV - Tinggal di daerah pegunungan, para siswa yang berada di Kelurahan Battang Barat, Kecamatan Wara Barat, Palopo, Sulawesi Selatan, harus berjuang dengan naik dan turun gunung mencari lokasi yang ada sinyal internetnya.

Punya ponsel pintar saja tak cukup jika sinyal internet sulit untuk dijangkau pelajar.

Maka sejak pandemi Covid-19 dan mengharuskan para siswa belajar dari rumah, mereka mulai mencari sinyal internet terkuat agar proses belajar daring tidak terganggu.

Dan di pinggir Jalan Poros Palopo – Toraja Utara, tempat para siswa mengakses internet demi belajar secara daring.

Aktivitas ini berlangsung setiap hari mulai pagi hingga sore hari untuk dapat belajar dan mengerjakan tugas dari sekolah secara daring.

Sayangnya, titik sinyal internet terbaik di wilayah ini berada di pinggir jalan sehingga panasnya matahari, para siswa tetap harus bertahan untuk belajar.

Meski kadangkala mereka berlindung di bawah pohon yang ada di sekitarnya agar proses belajar tetap berlangsung.

Teriknya matahari masih bisa mereka atasi, namun jika turun hujan mereka terpaksa tetap berada di rumah karena lokasi belajar di pinggir jalan tak memiliki tempat untuk berteduh.

Jarak dari ibu kota provinsi ke Kelurahan Battang Barat sekitar 23 kilometer.

Kondisinya yang berada di pegunungan membuat kelurahan ini memang terkendala untuk mengakses internet.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.