Kompas TV nasional peristiwa

TNI Antisipasi Demo Rusuh, Pangdam Jaya: Cari Siapa Tokoh di Lapangan Pasti Ada Penggeraknya

Kompas.tv - 13 Oktober 2020, 12:51 WIB
tni-antisipasi-demo-rusuh-pangdam-jaya-cari-siapa-tokoh-di-lapangan-pasti-ada-penggeraknya
Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman usai apel persiapan pasukan TNI/Polri untuk pengamanan demo di Monas, Jakarta Pusat, Selasa pagi (13/10/2020). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Aparat Polri dan TNI telah menyiapkan pasukan pengamanan untuk mengawal demo penolakan omnibus law Undang-Undang (UU) Cipta Kerja di Jakarta hari ini, Selasa (13/10/2020).

Apel persiapan pasukan TNI/Polri dilakukan Selasa pagi di Monas, Jakarta Pusat.

Apel pasukan gabungan dipimpin Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana dan Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman.

"Seluruh anggota TNI/Polri baru saja mengadakan apel kesiapan dalam rangka menghadapi perkembangan situasi, ada beberapa kegiatan dari kelompok-kelompok masyarakat yang akan melakukan aksi," ujar Nana usai Apel persiapan.

Baca Juga: Link Kompas TV Live Situasi Terkini Demo PA 212 Tolak Omnibus Law UU Cipta Kerja

Apel yang dihadiri 2.000 personel TNI/Polri ini juga sebagai bentuk sinergi dan soliditas antara TNI dan Polri untuk memastikan situasi jakarta kondusif.

Aparat gabungan berkomitmen akan mengamankan jalannya aksi unjuk rasa dan memberikan kenyamanan bagi masyarakat.

Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman menegaskan bahwa pihaknya siap membantu Polri untuk menjaga ketertiban, saat berlangsungnya unjuk rasa.

"Pada dasarnya TNI siap membantu kepolisian dalam rangka mengantisipasi, melaksanakan kegiatan menghadapi kemungkinan adanya huru-hara," katanya pada kesempatan yang sama.

Dudung juga mengingatkan kepada seluruh personel gabungan agar selalu mengutamakan persuasif dan humanis kepada para pendemo, termasuk bila ada perusuh.

"Kepada anggota agar dalam proses pelaksanaan dan penindakan terhadap perusuh-perusuh agar proposional, profesional, dengan tetap mengedepankan persuasif, humanis, tetapi tegas," katanya.

"Selanjutnya cari dan temukan siapa tokoh-tokoh yang di lapangan pasti akan ada penggeraknya," tegas Dudung menambahkan.

Baca Juga: FPI hingga PA 212 Demo Tolak Omnibus Law UU Cipta Kerja Hari Ini, Polri Siap Kawal


Demo Ormas



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x